Seru, PTDI Luncurkan DI Edu Bus di Puncak Peringatan HUT

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 26/Agu/2023 18:25 WIB
Peluncuran Bus Edukasi baru PTDI Peluncuran Bus Edukasi baru PTDI

 

BANDUNG (BeritaTrans.com) -  Puncak Peringatan HUT ke-47 PTDI bertema Bangkit Lagi! Terbang Tinggi di Langit Ibu Pertiwi, seru karena bersamaan dengan diluncurkannya DI Edu Bus.

Baca Juga:
PTDI Kerja Sama Perluasan Ekspor dengan Linkfield Technologies

Ya, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM PTDI, Wildan Arief, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) sekaligus Direktur Utama Holding Defend ID, Bobby Rasyidin, Direktur Niaga, Teknologi dan Pengembangan PTDI, M. Arief Faisal dan Direktur Produksi PTDI, Batara Silaban meresmikan DI Edu Bus, Bis Wisata Edukasi yang dikaroserikan langsung oleh PTDI. 

"Rencananya DI Edu Bus akan melengkapi bus wisata kerja sama kami dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung, Dinas Perhubungan Kab. Bandung Barat dan Dinas Perhubungan Kab. Bandung untuk melayani Program Edutainment setiap akhir pekan," jelas Wildan, Sabtu (26/8/2023).

Sebagai bagian dari rangkaian acara HUT ke-47 PTDI, dilaksanakan berbagai kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh keluarga besar PTDI, partner perusahaan, serta masyarakat umum.

Di usianya ke-47, menurutnya, PTDI ingin mensosialisasikan wisata baru di Kota Bandung yakni Edutainment, kegiatan Factory Tour yang dimulai dari Pos 1 PTDI di dekat DI Runway 29 Café di mana pengunjung akan diajak berkeliling area eduwisata menggunakan Bus Bandros Kota Bandung, Bus Barata Kabupaten Bandung Barat, dan Bus Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung selama sekitar 45 menit. 

Pada setiap Jumat kegiatan Factory Tour akan diperuntukkan khusus bagi para pelajar, sedangkan pada Sabtu dan Minggu dibuka untuk masyarakat umum dari pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.

"Selama perjalanan, pengunjung didampingi seorang pemandu dari PTDI yang akan menjelaskan seluk beluk industri penerbangan Indonesia," ungkapnya.

Para pelajar dan masyarakat umum diperbolehkan masuk dan melihat lebih dekat produk-produk pesawat kebanggaan bangsa seperti pesawat N250, pesawat N219 Nurtanio, UAV MALE dan berbagai varian Helicopter.

Pada momen HUT ke-47 PTDI juga meresmikan DI Runway 29 Café sebagai ruang terbuka baru untuk masyarakat menikmati makanan dan minuman di area dekat dengan landasan bandara Husein Sastranegara.

"Di samping itu, sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan dan pengolahan sampah, PTDI bekerjasama dengan PT Lokakarya Inovasi Bersama (Jubelo) selaku Perusahaan penyedia jasa untuk pengangkutan dan pengelolaan sampah di wilayah Kota Bandung," imbuh Wildan.

Kerja sama PTDI dengan Jubelo dalam rangkaian Hut ke-47 PTDI adalah, pemanfaatan sampah anorganik dari PTDI yang telah dikumpulkan pada 24 Agustus dan dikelola oleh Jubelo.

Hasilnya untuk pelestarian lingkungan berupa pohon. Ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (TJSL).

"Estimasi total sampah anorganik ya g telah dikumpulkan dari PTDI untuk Jubelo adalah 1.720 Kg," kata Wildan

Estimasi jumlah pohon yang hasilkan dari penukaran sampah anorganik PTDI sebanyak 23 bibit pohon (yang sesuai dengan tanggal berdirinya PTDI yaitu pada 23 agustus 1976) Dan Nantinya untuk lokasi pelestarian pohon ini di daerah Pati, Jawa Tengah. 
 
Selain itu juga untuk menjaga kebersihan dan lingkungan event hari ini, sampah-sampah event, Jubelo telah menyiapkan 15 tong sampah untuk di 15 titik area panggung bazar dan area edutainment yang nantinya akan dikumpulkan.

Terdapat juga Mini Exhibition Defend ID, yang menampilkan produk unggulan dari Industri Pertahanan seperti produk  PT Pindad, PT Dahana, PT PAL Indonesia, PT Len Industri (Persero) dan tentunya produk terbaik PTDI.

Pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas nusantara dengan mendatangi bazzar makanan, minuman, aneka produk unggulan yang ada di sekitar panggung utama ini. 

"Kemeriahan perayaan HUT ke-47 PTDI juga menampilkan karya terbaik musisi muda dari berbagai SMA di Kota Bandung," pungkae Wildan. (omy)