Lantik 392 Perwira PIP Semarang, Kepala BPSDMP: Tingkatkan Kompetensi Dan Kapasitas!

  • Oleh : Naomy

Selasa, 05/Sep/2023 07:50 WIB
Wisuda PIP Semarang Wisuda PIP Semarang

SEMARANG (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Upacara Wisuda Perwira Transportasi Laut Program Diploma IV Ke 97 dan Pelepasan Perwira Siswa Diklat Peningkatan Tingkat I, II, III, dan IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Senin (4/9/2023).

Upacara dipimpin Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono.

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

Dia menyampaikan,  dunia kini telah memasuki era digitalisasi yang secara fundamental turut mengubah segala aspek kehidupan akibat pengaruh revolusi industri. 

"Kemajuan teknologi informasi bidang pelayaran yang semakin pesat membuat para pengguna jasa pelayaran mengharapkan pelayanan jasa yang semakin berkualitas dari segi keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan ketepatan waktu," beber Djoko.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Guna mewujudkan hal tersebut, BPSDMP melalui PIP semarang terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sistem pendidikan dan pelatihan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang andal, kompeten, dan kompetitif tak hanya dalam lingkup nasional namun juga global dengen memegang teguh nilai-nilai PRESTASI.

Saat ini, sektor transportasi laut telah berkembang pesat, sejalan dengan tujuan pemerintah yang berfokus peningkatan pembangunan infrastruktur guna menciptakan pemerataan ekonomi. 

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Pembangunan pelabuhan di daerah membentuk industri kecil di kawasan sekitar pelabuhan baru, kemudahan layanan penyaluran kebutuhan logistik ke berbagai daerah dapat berjalan lancar, hal tersebut berperan penting dalam pembangunan ekonomi daerah pelabuhan yang turut mendukung misi Indonesia menjadi poros maritim dunia.

"Misi poros maritim dunia ini bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maririm yang besar, kuat, dan makmur dengan mengembalikan identitas Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar, serta memberdayakan potensi maritim secara optimal guna mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan bangsa Indonesia", tambahnya.

Upacara kali ini mengusung tema "Membangun Keunggulan Maritim Global Dengan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" dengan makna sumber daya manusia yang dihasilkan mampu membawa almamater untuk berkontribusi di dunia maritim serta mendukung pembangunan nasional.

"Pendidikan merupakan faktor kunci dalam membangun generasi muda yang berkualitas dan kita semua memiliki peran penting dalam mewujudkan ini, oleh karena itu seluruh pihak harus saling berkolaborasi dan berkontribusi dalam mendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas," ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Djoko berpesan kepada para Perwira Transportasi Laut yang telah dilantik dan seluruh generasi muda Indonesia agar tidak cepat berpuas diri atas apa yang telah dicapai dan terus meningkatkan kompetensi serta kapasitas diri untuk menjadi generasi maritim yang unggul.

"Ingatlah bahwa masa depan bangsa berada di tangan kalian, persiapkan diri dengan sebaik mungkin agar dapat menghadapi segala tantangan masa depan dengan percaya diri, penuh semangat serta memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan karakter humanis," imbuhnya.

Direktur PIP Semarang Tri Cahyadi melaporkan, pada Upacara Bon Voyage ini meluluskan sebanyak 392 Perwira Transportasi Laut yang terdiri dari 68 wisudawan Program Studi Nautika, 72 wisudawan Program Studi Teknika, 102 wisudawan Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan.

Selanjutnya 33 wisudawan Diklat Peningkatan Tingkat I, 48 wisudawan Diklat Peningkatan Tingkat II, 60 wisudawan Diklat Peningkatan Tingkat III, dan 9 wisudawan Diklat Peningkatan Tingkat IV. (omy)