KAI Bakal Tambah Lagi Gerbong Kereta Panoramic Tahun Ini

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 06/Sep/2023 13:20 WIB
Gerbong kereta panoramic. (Istimewa) Gerbong kereta panoramic. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal menambah 4 gerbong kereta api Panoramic pada tahun ini. 

Adapun KA Panoramic merupakan kereta api wisata yang memiliki desain interior yang berbeda dari kereta api pada umumnya.

Baca Juga:
KAI Wisata Tambah 4 Kereta Panoramic Baru dengan Jalur Berbeda dari yang Sudah Ada

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, dua gerbong akan ditambah pada 28 September 2023 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PT KAI ke-78 dan untuk 2 gerbong lainnya akan ditambah pada akhir 2023.

"Kelanjutannya yang jadi 2, kita akan launch di September. The rest (2 sisanya) itu nanti sampai akhir tahun," ujarnya saat ditemui wartawan di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Namun dia mengaku masih belum memastikan KA Panoramic tambahan ini akan dipasangkan di rangkaian kereta api yang sama dengan yang sudah dioperasikan saat ini, yaitu KA Parahyangan dan KA Argo Wilis atau dipasangkan ke kereta api relasi yang berbeda.

Pasalnya, KA Panoramic ini hadir untuk memberikan pengalaman baru bagi penumpang yang ingin merasakan naik kereta api dengan sensasi yang berbeda seperti kereta pada umumnya. Sehingga jika KA Panoramic melayani di kereta api relasi yang berbeda dari selama ini, maka penumpang akan memiliki lebih banyak pilihan.

"Kita lagi mikir kira-kira memang yang bagus kan pembangunan yang di jalur selatan ya, jadi ke arah Bandung, ke arah Banjar, Tasik itu ya yang bagus ya. Jadi untuk memenuhi animo masyarakat yang ingin bertransportasi dengan Panoramic karena banyak Gen Y dan Gen Z itu ingin experience baru," jelasnya.

Adapun saat ini, KA Panoramic dipasangkan di KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung PP untuk perjalanan setiap hari dan dipasangkan di KA Wilis dan KA Turangga relasi Bandung-Surabaya Gubeng untuk akhir pekan.

Sebelumnya, KA Panoramic pernah berjalan dirangkaikan pada perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta (PP) saat KA Panoramic yang diluncurkan pada 24 Desember 2022.

Dia menyebut, KA Panoramic ini akan tetap berkapasitas 36 tempat duduk dalam satu gerbong. Namun ke depannya PT KAI akan meningkatkan sejumlah fasilitas dan layanan di kereta wisata ini.

"Ada beberapa improvement ya, sound systemnya kita perbaiki ya dengan yang lebih bagus. Kemudian karpetnya itu karpet yang lebih healthy gitu. Maksudnya ke depan kita akan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, kesehatan, dan quality daripada pelayanannya," ucapnya.

Didiek bilang, pada HUT KAI ke-78 nanti pihaknya berencana memberikan tarif diskon untuk KA Panoramic. Namun masih belum diputuskan.

"Oh ada lah (tarif diskon saat HUT KAI). Itu teman-teman komersial yang lagi mikirin," tuturnya.(fhm)