KAI Wisata Tambah 4 Kereta Panoramic Baru dengan Jalur Berbeda dari yang Sudah Ada

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 09/Sep/2023 09:48 WIB
Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmi pada peringatan hari jadi ke-14 PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) yang dirayakan di Stasiun Gambir pada Jumat (8/9/2023). Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmi pada peringatan hari jadi ke-14 PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) yang dirayakan di Stasiun Gambir pada Jumat (8/9/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Pariwisata atau KAI Wisata akan menambah rangkaian kereta api khusus wisata dengan jalur terbarunya pada tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmi sebagai bentuk inovasi layanan dan fasilitas.

Salah satu penambahan layanan yang akan direalisasikan dalam waktu dekat ini ialah penambahan jumlah kereta panoramic total 4 buah.

Baca Juga:
KAI Wisata Layani 45.813 Pelanggan Selama Libur Panjang Mudik Lebaran 2024

"Betul, untuk kereta panoramic akan kita tambah. Dalam waktu dekat akan kita tambah 4, jadi total 6 dengan 2 kereta panoramic sebelumnya KA Argo Parahyangan Panoramic dan KA Argo Wilis Panoramic yang sudah hampir 1 tahun dijalankan," tutur Hendy pada peringatan hari jadi ke-14 PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) yang dirayakan di Stasiun Gambir pada Jumat (8/9/2023).

Penambahan kereta panoramic ini disinyalir karena adanya respons yang positif dari masyarakat. Di dalam kereta, penumpang bisa menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan yang indah melalui kaca tembus pandang yang tersedia di kereta tersebut.

Baca Juga:
Edisi Spesial, KAI Wisata Hadirkan Luxury Lounge dengan Makanan Khas Lebaran, dan Wahana Baru di Heritage Lawang Sewu

"Kenapa kita menambah 4 kereta lagi, karena 2 yang sekarang itu sudah tidak memadai karena memang respons masyarakat itu positif. Setiap perjalanan pasti gerbong terisi hampir 89%. Kecuali di perjalanan malam hari memang cenderung sepi karena pemandangan tidak terlihat," lanjutnya.

Peluncuran kereta panoramic ini belum ditentukan tanggalnya, namun telah dilakukan uji coba pada akhir Agustus lalu.

Baca Juga:
KAI Wisata Hadikan Diskon Ramadan 15% untuk Layanan Ini, Mudik Makin Ceria!

"Untuk kereta api panoramic ini, yang 2 sudah kita lakukan uji coba. Untuk rute, kita akan coba survei untuk jalankan rutenya ke timur melalui jalur selatan, karena jalur selatan ini indah ya, jadi pemandangan akan bagus," lanjut Hendy.

Tak hanya menambah kereta panoramic, KAI Wisata juga akan memberikan hal baru lainnya. Di antaranya ada aplikasi ePorter yang akan memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Marhen Yono menambahkan bahwa PT KAI Wisata akan menghadirkan paket wisata menggunakan kereta api sebagai transportasi utama serta didukung dengan angkutan lanjutan.

"Bersama kemenparekraf kita juga akan bikin program paket wisata, berbasis ecotourism, kulinertourism, dan budaya, yang akan dirapatkan akhir bulan ini di Kereta Wisata," ucap Marhen.

Lebih dari itu, KAI Wisata juga menyediakan layanan penunjang seperti ticketing domestik dan internasional, membuat paket wisata baik bagi individu maupun kelompok, akomodasi, hingga pengurusan dokumen perjalanan seperti Paspor, Visa dan asuransi.

Sektor pariwisata Indonesia yang terus berkembang diharap akan terus sejalan dengan perkembangan layanan jasa pariwisata.

"KAI Wisata tidak hanya sekedar berjalan-jalan naik kereta. Kita tingkatkan akses KAI Wisata artinya menikmati layanan kepariwisataan yang lengkap sehingga bawa kebahagiaan bagi penumpang," tutupnya. (Fahmi)