Spektakuler! Angkasa Pura I Borong 18 Penghargaan dari ACI

  • Oleh : Naomy

Kamis, 07/Sep/2023 10:24 WIB
Angkasa Pura I Raih Penghargaan Angkasa Pura I Raih Penghargaan

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Spektakuler! PT Angkasa Pura I (AP1) menerima 18 penghargaan prestisius tingkat dunia dalam ajang Airport Service Quality Awards 2022 (ASQ Awards 2022) yang diselenggarakan organisasi pengelola bandara di dunia yakni Airports Council International (ACI). 

Baca Juga:
InJourney Airports Sambut Positif Penetapan Baru Bandara Internasional

Jumlah ini menjadi penghargaan terbanyak sepanjang sejarah AP1 sejak keikutsertaan dalam ASQ Awards.

Acara penyerahan 18 penghargaan tersebut dilaksanakan di tengah agenda ACI Customer Experience Global Summit (ACI CEGS) yang berlangsung di Incheon, Korea Selatan, Rabu (6/9/2023) malam.

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 35,3 Juta Pergerakan Penumpang Selama Triwulan I

Sebelumnya, pengumuman pemenang ASQ Awards 2022 telah dilaksanakan pada awal Maret 2023.

Dari 15 bandara yang dikelola AP1, sebanyak delapan bandara yang menerima 18 penghargaan ASQ Awards 2022 antara lain Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan lima penghargaan, Bandara Pattimura Ambon dengan empat penghargaan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan dua penghargaan.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Selanjutnya Bandara Juanda Surabaya dengan dua penghargaan, Bandara Internasional Yogyakarta dengan dua penghargaan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan satu penghargaan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan satu penghargaan, dan Bandara Adi Soemarmo Solo dengan satu penghargaan.

"Hari ini, saya mewakili seluruh Insan AP1 merasa sangat bangga dan sekaligus terharu saat menerima penghargaan secara langsung. Sebanyak 18 penghargaan yang berhasil diraih delapan bandara kami tersebut merupakan sebuah capaian bersejarah AP1," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, Kamis (7/9/2023).

Prestasi yang sangat luar biasa ini merupakan wujud apresiasi, pengakuan, dan bukti nyata dari upaya kami dalam menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara. 

"Capaian bersejarah tersebut juga merupakan salah satu buah manis dari optimalisasi tiga hal utama dalam pelayanan, yakni people, process, and technology. 

Integrasi tiga hal tersebut pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan standar layanan atau level of service, yang pada akhirnya membawa dampak positif terhadap peningkatan kepuasan pelanggan.

ASQ Awards merupakan satu-satunya program pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa bandara yang diselenggarakan oleh organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada, yaitu Airports Council International (ACI). 

ASQ Awards merupakan wujud pengakuan kepada pengelola bandara-bandara di dunia yang mampu memberikan customer experience atau pengalaman pelanggan terbaik yang didasarkan atas suara pengguna jasa bandara. 

Penghargaan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, serta saat ini melibatkan 400 bandara di 95 negara di dunia.

Dikutip dari rilis resmi ACI, Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya pelayanan pelanggan di bandara. "Pengguna jasa bandara adalah inti dari segalanya, yang dalam hal ini tercermin dari setiap aspek program penilaian dalam Airport Service Quality (ASQ). 

"Hasil penilaian dari pengguna jasa bandara juga telah menunjukkan dan mengakui berbagai upaya yang telah dilakukan para pengelola bandara dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan," ujarnya. (omy)