Bakamla Gelar Latihan Menembak Personel Zona Bakamla Tengah

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 08/Sep/2023 19:55 WIB
Foto:istimewa/bakamlari Foto:istimewa/bakamlari

SULUT (BeritaTrans.com) - Kepala Zona Bakamla Tengah Laksamana Pertama Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H.,M.Si., M.Tr. Opsla., membuka latihan menembak personel Kapal Negara (KN) Zona Bakamla Tengah, di lapangan Tembak Lanudal Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga:
Bakamla RI Wujudkan Penguatan Keamanan Laut Dalam Rapim 2024

Dalam amanat pembukaanya, Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto mengatakan, sesuai amanat dalam Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 Tahun 2014 tentang Bakamla yang kemudian diperkuat dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022, bahwa tugas Bakamla RI adalah Melaksanakan Patroli Keamanan, Keselamatan dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia. Dihadapkan dengan tugas tersebut diperlukan kesiapsiagaan yang tinggi, baik dari sarana prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan Profesional. “Oleh karena itu penyiapan Sumber Daya Manusia Bakamla RI salah satu satunya adalah latihan menembak,”ujarnya.

Dijelaskan pula oleh Laksma Octavianus Budi Susanto, materi yang diajarkan dalam latihan ini seperti pengenalan senjata, perlakuan terhadap senjata, sikap nembak, praktik sikap nembak posisi (tiarap, duduk, berdiri), praktik bongkar pasang senjata, dan praktik penilaian menembak posisi (tiarap, duduk dan berdiri).

Baca Juga:
Bakamla RI Uji Fungsi Senjata Meriam 30 MM di Pulau Petong

Lebih lanjut, Bakamla RI terus mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan handal. Diadakannya kegiatan ini merupakan upaya untuk mempertahankan kemampuan personel dalam menembak. Kemampuan menembak ini penting khususnya bagi personel wilayah Zona Bakamla Tengah agar siap dalam melaksanakan tugas yang merupakan ujung tombak penegakkan hukum di laut.

Laksma Bakamla Octavianus berharap melalui latihan ini dapat membangun kepercayaan diri, serta kemampuan fisik dan mental yang baik. Selain itu juga meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, kemampuan dan kecakapan personel Bakamla RI dalam menggunakan senjata api serta cara merawatnya. Sehingga profesionalisme dalam bidang menembak terus terpelihara dan meningkat.

Baca Juga:
Bakamla RI Gagalkan Penyelundupan TKI Ilegal ke Malaysia

Pada kesempatan ini juga Pucuk pimpinan Zona Bakamla Tengah berpesan kepada para peserta latihan, manfaatkan dengan baik, perhatikan seksama pembelajaran yang disampaikan dan patuhi semua instruksi dari Pelatih/Instruktur dari Lanudal Manado serta perhatikan keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan latihan.(ahmad)