Hafal Iklar Sumpah Pemuda, Penumpang Kereta dapat Hadiah Suvenir dari KAI

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 27/Okt/2023 16:57 WIB
KAI Bagikan hadiah sovenir menarik untuk penumpang kereta api dalam rangka memeriahkan hari sumpah pemuda. KAI Bagikan hadiah sovenir menarik untuk penumpang kereta api dalam rangka memeriahkan hari sumpah pemuda.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengadakan acara challenge atau tantangan tentang pengetahuan seputar Sumpah Pemuda kepada para penumpang KA di Stasiun Bandung, Jumat (27/10/2023). 

Bagi penumpang yang berhasil menjawab challenge tersebut, berhak mendapatkan suvenir menarik dari KAI secara gratis.

Baca Juga:
Penasaran Cara Isi Bahan Bakar Kereta Api, Berapa Liter ya untuk Sekali Jalan? KAI Bongkar Rahasianya

“Challenge ini kami adakan dengan tujuan untuk mengedukasi kepada pelanggan serta mengingatkan kembali tentang pemahaman akan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, khususnya Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia,” jelas Joni Martinus – Vice President Public Relations KAI.

KAI membagikan suvenir bagi penumpang KA yang bisa mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda secara benar, serta bagi yang bisa menjawab hal-hal lain yang berkaitan dengan Sumpah Pemuda seperti tokoh-tokoh yang terlibat dan sejarahnya. Total sebanyak 100 buah suvenir beraneka ragam seperti mug, tas, payung, tumbler, dan kaos KAI siapkan pada event tersebut.

Baca Juga:
Tiga Titik Jalur Kereta Api di Bandung Longsor, 5 Perjalanan Terganggu

Joni mengatakan, para penumpang di stasiun dan di atas KA yang tertarik untuk mengikuti Challenge Pengetahuan Sumpah Pemuda hanya perlu menyatakan kesediaannya kepada petugas yang akan memberikan pertanyaan seputar Sumpah Pemuda. Setiap jawaban yang tepat akan dihargai dengan hadiah menarik sebagai bentuk apresiasi atas pengetahuan sejarah yang dimiliki.

Kegiatan challenge dengan tema Hari Sumpah Pemuda yang diadakan KAI ini mendapatkan respons yang positif dari penumpang. Salah satunya, Erwin (27 tahun), penumpang KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir, mengatakan senang dan terhibur melihat inisiatif Humas KAI untuk mengadakan kegiatan challenge bagi penumpang kereta api seperti ini. Menurutnya, ini bukan hanya sekadar tantangan, tetapi juga suatu bentuk sosialisasi kepada generasi muda akan pentingnya nilai - nilai sejarah dan perjuangan para Pahlawan.

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

“Terima kasih kepada KAI atas upayanya dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda secara kreatif dan edukatif kali ini. Saya merasa kegiatan ini seperti kembali mengingatkan kita sebagai generasi muda untuk tidak melupakan sejarah ,” kata Erwin di sela - sela kegiatan.

Setiap tahunnya, pemerintah mengusung tema yang berbeda untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada perayaan yang ke-95 ini, pemerintah mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”. Adapun makna tema tersebut, yaitu:
1. Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.
2. Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.
3. Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

“Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh Bangsa Indonesia dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda salah satunnya adalah membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Melalui semangat inilah, KAI berharap dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan dengan dukungan transportasi yang aman, efisien, berbasis digital, dan berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” tutup Joni.(fhm)