Gunakan Pick Up, 2 Pelaku Terduga Pencuri Rel KA di Palmerah Ditangkap, 3 Lagi Kabur

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 02/Des/2023 13:39 WIB
Dua pelaku diduga pencuri rel kereta api di petak Stasiun Palmerah-Kebayoran berhasil diamankan oleh Tim Keamanan KAI pada Sabtu (2/12/2023). Dua pelaku diduga pencuri rel kereta api di petak Stasiun Palmerah-Kebayoran berhasil diamankan oleh Tim Keamanan KAI pada Sabtu (2/12/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tim Keamanan Stasiun Palmerah berhasil mengamankan dua orang terduga pelaku pencuri besi rel bekas di Kilometer 10+4 antara petak jalan Palmerah - Kebayoran.

Manager Humas KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Ixfan Hendri Wintoko Ixfan mengatakan kedua terduga pelaku berinisial AS (34) dan MS (33) ditangkap di lokasi pada Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 12 KA Keberangkatan Stasiun Diberhentikan di Stasiun Jatinegara Kamis Sore hingga Malam

"Benar bahwa informasi yang kami dapatkan dari unit pengamanan di lapangan, pada sabtu pagi hari ini (2/12) sekira pukul 05.20 WIB Tim Pengamanan Stasiun Palmerah telah mengamankan dua orang laki-laki terduga telah melakukan pencurian besi berupa rel bekas, yang letaknya di KM 10 +4 petak jalan antara Palmerah - Kebayoran," kata Ixfan kepada wartawan Sabtu (2/12/2023).

Dijelaskan Ixfan, kejadian awal ketika para pelaku yang diduga ada lima orang hendak ingin melakukan pencurian terhadap besi rel bekas di Stasiun Palmerah dengan menggunakan mobil pick up. Mengetahui adanya indikasi percobaan pencurian tersebut, Tim Keamanan yang sedang melakukan patroli dengan sigap meluncur ke lokasi dan menangkap dua terduga pelaku.

Baca Juga:
Antisipasi Keterlambatan Penumpang ke Gambir, 12 KA Beroperasional di Jatinegara Khusus Rabu 1 Mei

"Pada awalnya secara rutinitas Tim pengamanan selalu aktif melakukan patroli di wilayah aset dan objek vital milik PT KAI Daop 1 Jakarta. Kemudian mendapatkan informasi bahwa telah ada indikasi pencurian besi rel bekas oleh dua orang laki-laki, selanjutnya Tim pengamanan dengan cepat dan sigap meluncur ke TKP mengamankan dua orang diduga pelaku tersebut, sedangkan 3 terduga pelaku lainya berhasil melarikan diri," terang Ixfan.

Atas kejadian tersebut, Ixfan mengatakan para terduga pelaku yang tertangkap sudah dibawa ke Polsek Metro Tanah Abang untuk proses lebih lanjut.

Baca Juga:
Gempa di Garut, KAI Daop 1 Jakarta Setop Sementara 5 Pejalanan KA

"Sebagai upaya tindak lanjut pada pukul 08.45 Wib kedua orang terduga pelaku diamankan dan dimintai keterangan oleh Tim Pengamanan, kemudian untuk kejelasan dan proses berikutnya kedua terduga pelaku di serahkan ke Polsek Metro Tanah Abang dengan didampingi oleh Bintara pembina (Babhin) Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) Aiptu Benny untuk pengembangan lebih lanjut secara hukum," ternagnya.

Selain itu, Barang bukti berupa potongan besi rel bekas dan mobil pick up telah diamankan oleh tim pengamanan.

"Barang bukti yang diamankan besi rel bekas panjang kurang lebih 2,5 M, dan Mobil Pick Up Suzuki Carry warna putih, yang rencananya akan digunakan untuk mengangkut hasil curiannya," ujar Ixfan.

PT KAI menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pengambilan barang atau benda yang berada diwilayah PT KAI Daop 1 Jakarta baik bekas maupun baru.

"Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, bahwa barang atau benda yang berada diwilayah PT KAI Daop 1 Jakarta baik bekas maupun yang baru merupakan aset yang harus dijaga dan diamankan, PT KAI (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara, jadi jika ada pengambilan ataupun pemakaian untuk kepentingan apapun harus sesuai aturan dan seizin pemilik yakni PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta," pungkas Ixfan.(fhm)