Merangkul Tenaga Kerja Disabilitas, FIFGROUP Raih 2 Penghargaan dari Pemerintah Sumatera Barat

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 12/Des/2023 10:35 WIB
foto:istimewa/FIFGROUP foto:istimewa/FIFGROUP

SUMATERA BARAT (BeritaTrans.com) – Pemerintah Indonesia melihat penyandang disabilitas sebagai bagian integral dari masyarakat yang memerlukan perhatian, perlindungan, serta dukungan khusus untuk memastikan bahwa hak-hak mereka diakui dan dapat hidup secara bermartabat di lingkungan sekitar mereka tinggal.

Baca Juga:
FIFGROUP Bagikan Beasiswa kepada 428 Anak Karyawan Terpilih

Hal ini menjadi fokus pemerintah untuk terus berupaya membangun lingkungan kerja yang inklusif bersama dengan seluruh pelaku usaha di Indonesia.

PT Federal International Finance (FIFGROUP) turut mendukung upaya pemerintah tersebut dengan menunjukkan komitmennya dalam perwujudan lingkungan kerja yang inklusif melalui salah satu program unggulannya, yakni FIFriendibility.

Baca Juga:
Dua Direktur FIFGROUP Raih 2 Penghargaan di Top 100 CEO 2023

Melalui program FIFriendibility, FIFGROUP memberikan aksesibilitas fisik dan teknologi yang memadai, melibatkan karyawan disabilitas pada seluruh kegiatan yang ada di kantor pusat maupun cabang, tanpa adanya diskriminasi. Semua karyawan diperlakukan adil dan setara tanpa membuat prasangka negatif tentang kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki.

Dan atas kondisi tersebut, Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kota Solok, memberikan apresiasi kepada FIFGROUP Cabang Padang dan FIFGROUP Cabang Solok sebagai Perusahaan yang Mempekerjakan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas Tahun 2023.

Baca Juga:
Elegansi dan Kreativitas Karya Kaligrafi, Ajang Kompetisi Keindahan Tulisan oleh FIFGROUP di F8 Makassar

Pemerintah Kota Padang dan Kota Solok memberikan penghargaan atas upaya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas di dunia kerja inklusif.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, B.Bus. (Acc), M.I.B memberikan penghargaan sebagai Perusahaan yang Mempekerjakan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas Tahun 2023, secara langsung kepada Kepala Cabang FIFGROUP Padang, Aprisyam Doni, pada 25 Oktober 2023 berlokasi Gedung Youth Center, Jalan Bagindo Aziz Chan Padang, Sumatera Barat.

Dan penghargaan kepada FIFGROUP Cabang Solok diberikan langsung oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Ir. Afriansyah Noor, M.Si, IPU. kepada Kepala Cabang FIFGROUP Solok, Rendi, bertempat di Gedung Kubung Tigo Baleh, Kota Solok, Sumatera Barat.

FIFGROUP 2030 Sustainability Aspirations

Sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, FIFGROUP terus mendukung Astra 2030 Sustainability Aspirations dengan program-program aspirasi yang telah dilaksanakan dalam mewujudkan FIFGROUP 2030 Sustainability Aspirations. Salah satu aspirasi yang dilakukan FIFGROUP adalah dengan menggelar ajang FIFriendibility yang mengangkat tema “Create Action Rescue Earth (CARE)”.

Tidak hanya di tingkat pemerintah daerah, pada Sabtu, 9 Desember 2023, bertempat di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Salemba, Jakarta, Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, juga memberikan apresiasi langsung kepada FIFGROUP yang telah menjadi 1 dari 25 perusahaan yang berkontribusi dalam pemberian kesempatan kepada sahabat disabilitas untuk berkarya.

Pada kesempatan berbeda, Director In Charge Human Capital, EHSSR, and Sustainability FIFGROUP, Esther Sri Harjati, menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas apresiasi yang diberikan kepada FIFGROUP. "Ketika pertama kali membangun program FIFriendibility bersama dengan tim, saya merasa bahwa program ini menjadi langkah yang sangat tepat bagi perusahaan untuk hadir bagi setiap individu, tidak memandang disable-nya, namun ability-nya untuk berkarya dan membuktikan bahwa setiap indan ini berharga dan sama.”

“Apresiasi yang diberikan ini, saya berikan kembali kepada setiap sahabat disabilitas yang bergabung bersama keluarga FIFGROUP mulai dari Sabang sampai Merauke. Semoga program ini terus dapat berjalan sehingga FIFGROUP terus dapat merangkul keselarasan," lanjut Esther, dalam keterangan tertulis, Senin (11/12/2023).

Untuk menggaungkan program FIFriendibility tersebut, FIFGROUP turut menyelenggarakan kampanye yang telah dilakukan sejak bulan Juni 2023 dalam mendukung inklusivitas di lingkungan perusahaan melalui slogan #CARE yang merupakan singkatan dari Create Action, Rescue Earth (CARE) pada aksi #CAREforPeople.

Penyelenggaraan program FIFriendbility ini selaras dengan misi perusahaan, yaitu “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat” dengan mengimplementasikan nilai-nilai keberlanjutan (sustainability) dan Environment, Social, and Governance (ESG) dengan mendukung pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 4 (empat) tentang Pendidikan Bermutu serta SDGs nomor 8 (delapan) tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Melalui program FIFriendibility, hingga November 2023 FIFGROUP telah berhasil memberikan kesempatan kepada 156 sahabat disabilitas yang tersebar baik di kantor pusat maupun cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia yang ditempatkan di bagian administratif maupun desain. Pada tahun ini, FIFGROUP menargetkan jumlah sahabat disabilitas yang akan dicapai untuk bekerja di perusahaan sebanyak 247 orang.

Apresiasi ini tidak hanya mencerminkan keberhasilan FIFGROUP dalam menciptakan lingkungan kerja inklusif, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam mendukung keberagaman dan kesetaraan di semua lapisan masyarakat.(ahmad)

Tags :