KAI Daop 5 Purwokerto Operasikan 2 KA Tambahan Selama Nataru, Ini Rutenya!

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 12/Des/2023 17:23 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kabar gembira bagi masyarakat yang akan berlibur di masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto akan mengoperasikan 2 KA Tambahan keberangkatan awal dari stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto pada periode tersebut. 

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih menjelaskan, tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Rabu, 29 November 2023 pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. 

Baca Juga:
Mulai 1 Mei 2024, Boarding Penumpang Stasiun Purwokerto hanya di Skybridge Gedung Baru dan Pintu Barat

Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

KA-KA tambahan tersebut yaitu KA Kutojaya Utara Tambahan relasi dari Stasiun Kutoarjo-Jakarta Kota PP, berangkat pada pukul 21.50 dan tiba pukul 06.38 WIB. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Tambahan Relasi Pasarsenen-Solo Balapan, Ini Jadwalnya!

"KA Kutojaya Utara Tambahan membawa rangkaian 7 kelas bisnis dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 448 tempat duduk (TD), sehingga selama masa angkutan Nataru total seat berjumlah 8.064 TD," jelas Feni.

Baca Juga:
Selama Angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 5 Purwokerto Berangkatkan 393.829 Penumpang KA

Ditambahkannya, KA Kutojaya Utara Tambahan akan berhenti di Stasiun Kutowinangun, Kebumen, Gombong, Sumpiuh, Kroya, Purwokerto, Bumiayu, Prupuk, Ketanggungan, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Pegaden Baru, Bekasi, Jatinegara, Pasarsenen dan berakhir di Stasiun Jakarta Kota. Untuk tarif kelas bisnis pada KA Kutojaya Utara Tambahan mulai dari Rp 275 ribu.

Selain itu, ada juga KA Tambahan Malioboro Express yang sebelumnya keberangkatan awal dari Stasiun Yogyakarta-Malang menjadi relasi dari Stasiun Purwokerto-Malang PP. 

"KA Malioboro Ekspress ini terdiri dari 3 kelas eksekutif dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 150 TD dan 5 kelas bisnis dengan kapasitas sebanyak 320 TD. Dengan demikian total seat KA Malioboro Ekspress Tambahan selama masa angkutan Nataru sebanyak 2.700 TD kelas eksekutif dan 5.760 TD kelas bisnis," ujar Feni.

Diterangkan, KA Malioboro Express ini berangkat dari Stasiun Purwokerto pada pukul 07.00 WIB dan akan berhenti di Stasiun Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, Solobalapan, Madiun, Caruban, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malangkota Lama, dan tiba di Stasiun Malang pada pukul 16.14 WIB. 

Tarif KA Malioboro Express untuk kelas Bisnis mulai Rp 280.000,- dan untuk kelas eksekutif mulai dari Rp 350.000,-

Daop 5 Purwokerto menambah perjalanan KA untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru kali ini. 

"Hadirnya KA tambahan ini menunjukkan kesiapan Daop 5 dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Feni.

Selain KA Keberangkatan Awal dari Daop 5 Purwokerto, berikut Daftar KA-KA Tambahan yang melintasi Daop 5 Purwokerto pada periode Nataru tanggal 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024: 

1. KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), 
2. Taksaka Tambahan Pagi (Gambir – Yogyakarta pp), 
3. Taksaka Tambahan Malam  (Gambir – Yogyakarta pp), 
4. Gajayana Tambahan (Gambir – Malang pp), 
5. Lodaya Tambahan Pagi (Bandung – Solo Balapan pp), 
6. Lodaya Tambahan Malam (Bandung – Solo Balapan pp), 
7. KA Tambahan Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp)

Adapun tanggal keberangkatan favorit pada Angkutan Nataru keberangkatan dari Daop 5 Purwokerto yaitu pada 1 Januari 2024 dengan KA-KA yang menjadi favorit seperti KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen pp, KA Wijayakusuma relasi dari Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang pp, KA Kutojaya Selatan relasi dari Kutoarjo-Kiara Condong pp, dan KA Kutojaya Utara relasi dari Kutoarjo-Pasarsenen pp.

Adapun untuk tiket Nataru untuk KA keberangkatan Daop 5 Purwokerto masih cukup banyak tersedia. Per 12 Desember 2023 hingga berita ini diturunkan, tiket Nataru yang terjual dari wilayah Daop 5 Purwokerto sebanyak 74.914 tiket atau 35% dari ketersediaan 211.245 tiket KA Nataru baik keberangkatan awal dari wilayah Daop 5 maupun KA-KA yang melintas di Daop 5 Purwokerto.(fhm)