Tol Solo-Yogyakarta Siap Dibuka Gratis, Sambut Libur Nataru

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 21/Des/2023 16:50 WIB
Ruas Tol Solo-Yogya Ruas Tol Solo-Yogya

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Suchandra Hutabarat Menyampaikan persiapan   pengoperasian jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta untuk menyambut Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) secara keseluruhan.

"Untuk persiapannya hampir 90 persen," kata Chandra, saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023) . 

Diketahui, pengoperasian jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dimulai pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

"Sementara, khusus untuk persiapan kontruksinya sendiri sudah mencapai 98 persen," katanya dikutip dari liputan6. 

Pagar-pagar pengaman jalan tol Solo-Yogykarta juga telah dipasang guna kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan saat Nataru.

"Kalau untuk kontruksinya sendiri sudah terpasang semua pagar-pagar pengaman, itu yang paling penting. Kami ingin masyarakat yang lewat jalur fungsional ini dalam kondisi aman dan nyaman. Terkait persiapannya kontruksinya hampir 98 persen," ujarnya.

Untuk pemasangan rambu-rambu lalu lintas juga telah dilakukan pemasangan pada Rabu (20/12/2023) malam, mulai dari jalan nasional hingga ke jalur fungsional Tol Solo-Yogykarta.

"Untuk perambuan malam 100 persen kita pasang. Kita memasang mulai dari jalan nasional sampai jalan nasional di Solo Jogja juga kita pasang," ungkapnya. 

Dia mengatakan bahwa pengoperasian jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta diberlakukan satu arah (one way). 

Terkait hal ini, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Solo-Yogyakarta. 

Jasa Marga juga akan membagikan pamflet penunjuk arah kepada masyarakat, khususnya bagi pengguna yang sering melalui jalan Raya Solo-Yogyakarta.
      
"Sosialisasi sudah kita lakukan dari beberapa minggu lalu dengan media massa sudah dilakukan. Kita siapkan juga pamflet. Dipamflet itu nanti mereka sudah bisa melihat penjelasan secara detil lengkap dan komprehensif operasionalnya," jelasnya.

Dalam pamflet akan diinformasikan mengenai operasional satu arah jalur fungsional jalan Tol Solo-Yogyakarta  mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB. 
Pada pukul tersebut, pintu masuk GT Colomandu dari jalan Raya Solo Semarang dialihkan melalui GT Banyudono. 

Di luar jam fungsional yang ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting. (soleh)