Tingkatkan Layanan Bongkar Muat, Bulog Gandeng Pelindo

  • Oleh : Naomy

Kamis, 28/Des/2023 15:13 WIB
Direktur Operasi PT Pelindo Multi Terminal Arif Rusman Yulianto, Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi, Direktur Supply Chain & Pelayanan Publik Bulog  Mokhamad Suyamto, Direktur Bisnis Bulog Febby Novita, dan Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Bulog Sonya Mamoriska Direktur Operasi PT Pelindo Multi Terminal Arif Rusman Yulianto, Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi, Direktur Supply Chain & Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyamto, Direktur Bisnis Bulog Febby Novita, dan Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Bulog Sonya Mamoriska

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tingkatkan layanan bongkar muat, Perum Bulog menggandeng Pelindo. Pelayanannya yakni kegiatan jasa bongkar muat impor komoditas pangan dan kegiatan bongkar muat movement. 

Baca Juga:
SPMT Siapkan Masa Depan Melalui Pelindo Youth Community

Hal ini ditandai dengan teken MoU oleh Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi dengan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Arif Suhartono di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

"Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan sinergi Perusahaan BUMN dalam melakukan kerjasama kemitraan strategis untuk Layanan Kegiatan Jasa Bongkar Muat Komoditas Pangan Impor yang akan menjadi barang persediaan dalam penguasaan Perum Bulog di wilayah kerja Pelindo," ujar Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi. 

Baca Juga:
SPMT Edukasi Penggunaan APAR pada 200 Siswa SMK di Belawan

Dia menyampaikan, kesepahaman ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik, sehingga memperlancar kegiatan penerimaan beras impor baik proses persiapan kedatangan kapal, berthing, sandar maupun bongkar, serta percepatan pengiriman dari pelabuhan ke gudang Bulog, maupun untuk memperlancar kegiatan movement antarpelabuhan.

"Teken nota kesepahaman ini kami harap dapat mempermudah kelancaran distribusi, pemerataan stok, dan ketersediaan pasokan untuk pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), serta stabilisasi dan keterjangkauan harga pangan guna pengendalian inflasi pangan secara nasional," kata Bayu.

Baca Juga:
Meriahkan HPN 2024, SPMT Group Gelar Kompetisi Karya Tulis dan Foto Jurnalistik

Sementara itu Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan, Pelindo pascamerger 1 Oktober 2021 melakukan transformasi dan standarisasi pelabuhan yang hasilnya terlihat dengan adanya percepatan dan peningkatan kualitas layanan di pelabuhan. 

Hal ini berdampak positif pada penurunan waktu sandar kapal (port stay) dan waktu tinggal barang (cargo stay), yang pada akhirnya berkontribusi pada penurunan biaya logistik.

"Kami berharap momen penting hari ini menjadi awal kolaborasi kedepan antara Pelindo dan Bulog yang dapat berkontribusi nyata dalam mendukung ketahanan pangan nasional, sehingga membawa manfaat bagi masyarakat luas," urainya. 

Adapun Ruang lingkup kesepahaman ini mencakup pelaksanaan kegiatan jasa pelabuhan di wilayah kerja Pelindo termasuk penggunaan fasilitas pelabuhan guna mendukung Prioritas dan kemudahan sandar, serta bongkar muatan kapal impor yang dilaksanakan PJPT yang ditunjuk Perum Bulog. (omy)