Sebanyak 4,9 Juta Kendaraan Lintasi 3 Ruas Tol Milik Astra Infra Selama Libur Nataru

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 04/Janu/2024 14:20 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - ASTRA Infra mencatat total volume kendaraan yang melewati tiga ruas tol miliknya mencapai sekitar 4,9 juta kendaraan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 18 Desember 2023-3 Januari 2024. 

Tiga ruas yang dimaksud adalah ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Jombang-Mojokerto (Jomo).

Baca Juga:
Lebih 1,2 Juta Kendaraan Lintasi Tol Arah Jabotabek hingga H+4 Lebaran

Group Chief Operating Officer ASTRA Infra, Billy Perkasa Kadar mengatakan dibandingkan dengan periode libur Nataru tahun lalu, total volumenya mengalami kenaikan sekitar 8,8%. Selain itu, tingkat kecelakaan selama masa libur tersebut turut mengalami penurunan sebesar 23,8% dibandingkan tahun lalu.

"Untuk puncak arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak terjadi pada tanggal 22 Desember 2023 dengan total 183.645 kendaraan. Sedangkan puncak arus lalu lintas di ruas Cipali dan tol Jomo terjadi pada tanggal 23 Desember 2023 dengan jumlah 134.249 kendaraan melintas di Tol Cipali dan 66.737 kendaraan di Tol Jomo," kata Billy melalui keterangan tertulis, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga:
Diskon Tarif Tol 20% untuk Mudik Lebaran Mulai Berlaku

Lebih lanjut, sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan mengantisipasi lonjakan arus kendaraan, pihaknya telah mengoptimalkan sarana dan prasarana. Dari segi infrastruktur, ada penambahan lajur ketiga di ruas tol Tangerang-Merak dan Tol Cipali.

Tidak hanya itu, dia juga mengoptimalkan gardu tandem, mobile reader, penyiapan petugas di gerbang tol hingga meningkatkan internal traffic management di rest area. Pada periode ini, dia juga memberikan diskon sebesar 10% pada tanggal 21 Desember, 28 Desember, dan 3 Januari 2024 untuk pengguna jalan Tol Cipali.

Baca Juga:
Diperkirakan 1,5 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Semarang-Solo saat Arus Mudik, Sistem Satu Arah Berlaku

Karena masa libur telah usai, Billy pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada 4,9 juta pengguna jalan Tol ASTRA Infra karena telah mendukung kelancaran arus lalu lintas dan menjaga ketertiban selama Nataru.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR atas sinergi dan koordinasinya dalam mewujudkan layanan Nataru Ceria yang nyaman, aman dan menyenangkan," tambahnya. (Fhm)