Begini Kesiapan KSOP Teluk Palu Jelang Operasional Kembali 3 Pelabuhan

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 10/Feb/2024 19:24 WIB
KSOP Teluk Palu bersiap jelang pengoperasisn 3 pelabuhan pascatsunami KSOP Teluk Palu bersiap jelang pengoperasisn 3 pelabuhan pascatsunami

PALU (BeritaTrans.com) - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu, Capt. Alexander Seleng Allokendek menuturkan, jelang diresmikannya ketiga pelabuhan tersebut dalam waktu dekat, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah strategis.

"Salah satunya dengan mengubah pelabuhan penumpang yang lebih layak dari sisi luasan hingga fasilitas sarana dan prasarana yang makin baik sehingga masyarakat lebih terlayani," urai Alex, Kamis (8/2/2024). 

Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pihak eksternal seperti perusahaan-perusahaan pelayaran bahwa pelabuhan ini tidak hanya melayani penumpang namun juga multipurpose. 

Dengan begitu, peran pelabuhan dapat difungsikan lebih aktif lagi. 

Tidak hanya itu, koordinasi dan sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan setempat juga telah dilakukan sejak awal perencanaan pembangunan ketiga pelabuhan tersebut.

Lebih lanjut, Alex mengungkapkan, pascatsunami yang terjadi pada tahun 2018, masih terdapat beberapa hambatan dalam fungsi pengawasan dan penjagaan terkait keselamatan pelayaran di perairan Teluk Palu. 

'Salah satunya belum memadainya kapal patroli," imbuhnya. 

Sampai saat ini, KSOP Teluk Palu terus mengupayakan penambahan kapal patroli, serta penambahan kuantitas dan kualitas personel. 

"Hal ini agar kebutuhan-kebutuhan di Teluk Palu ini semakin lancar, aman dan nyaman, dan tidak ada kendala,” tutupnya. (omy)