Viral Penumpang Nyalakan Kipas Gantung saat Perjalanan Kereta Api, Ini Kata KAI

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 18/Feb/2024 22:04 WIB
Kipas angin gantung berputar saat di dalam gerbong kereta api yang sedang mengangkut penumpang. (Instagram) Kipas angin gantung berputar saat di dalam gerbong kereta api yang sedang mengangkut penumpang. (Instagram)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang kereta api ini memasang kipas angin gantung di gerbong. Kejadian itu pun viral di X dengan aneka komentar yang mengiringi.

Pada video, tampak penumpang lain merekam baling-baling kipas berputar. Peletakan kipas tersebut di rak bagasi barang bawaan penumpang yang terletak di atas kepala penumpang.

Baca Juga:
Penasaran Cara Isi Bahan Bakar Kereta Api, Berapa Liter ya untuk Sekali Jalan? KAI Bongkar Rahasianya

Kipas gantung tersebut tampaknya hanya dinikmati oleh pemasang yang terlihat hanya beberapa orang yang duduk berhadap-hadapan di dalam gerbong kereta api itu.

Dikonfirmasi terkait kabar ini, pihak KAI tidak menampiknya. Mereka hanya mengatakan bahwa tiap penumpang dilarang membawa dan menyalakan kipas yang ada di video itu karena alasan keselamatan dan kenyamanan.

Baca Juga:
Tiga Titik Jalur Kereta Api di Bandung Longsor, 5 Perjalanan Terganggu

"Penumpang tidak diperkenankan memasang kipas angin seperti pada postingan tersebut. Hal ini berpotensi membahayakan keselamatan atau mengganggu penumpang lainnya," kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus kepada wartawan.

"Kami menegaskan bahwa seluruh pelanggan kereta api dilarang berperilaku yang dapat membahayakan keselamatan dan/atau mengganggu penumpang lain," imbuh dia.

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

Joni menyebut bahwa larangan itu sudah diatur dalam peraturan yang tertera ketika membeli tiket. Karenanya, para peniumpang diminta untuk mematuhi peraturan yang ada dan mengedepankan norma kesopanan.

"Hal ini telah tertera pada syarat dan ketentuan yang harus dibaca dan disetujui sebelum pelanggan membeli tiket," kata dia.

"KAI mengimbau kepada pelanggan untuk saling menghormati dan menghargai di antara sesama pelanggan agar perjalanan kereta api tetap aman dan nyaman," ungkap Joni.

"Kami juga berpesan kepada pelanggan untuk selalu mematuhi aturan, menjaga ketertiban, menjaga fasilitas kereta api dan stasiun karena layanan kereta api merupakan fasilitas umum," terang dia menambahkan. (fhm)