Peringatan HUT KPLP dan PPLP, Dirjen Hubla: Jaga Komitmen Demi Negara dan Bangsa, Kedepankan Profesionalisme dalam Bertugas!

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 28/Feb/2024 13:20 WIB
Pemberian life jakcet kepada nelayan di HUT KPLP dan PPLP Pemberian life jakcet kepada nelayan di HUT KPLP dan PPLP

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Peringatan HUT KPLP Ke-51 dan PPLP Ke-36 dengan tema 'Melalui Sinergitas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Optimis Menjamin Keselamatan dan Keamanan Pelayaran untuk Menuju Zero Accident' yang digelar di Lapangan Bintang Sekolah Tinggi Pelayaran (STIP) Jakarta Utara, Rabu (28/2/2024) pagi. 

Baca Juga:
Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

Di tengah guyuran hujan di pagi hari, upacara peringatan HUT Ke-51 Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan HUT Ke-36 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) berlangsung meriah. 

Sebagai Inspektur Upacara adalah Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Dr. Capt Antoni Arif Priadi, M.Sc. dan Perwira Upacara oleh Kepala Pangkalan PLP Kelas 1 Tanjung Priok, Dr. Triono, S.Pel.M.M.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Apel Penutupan Posko Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024

Dalam sambutannya Dirjen mengatakan," Negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, banyak tantangan yang hadapi dan harus dijaga, tidak dapat ditangani oleh satu kementerian atau lembaga saja. KPLP dalam menjalankan tugas perlu berkolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak dalam menjalankan tugas menjaga kawasan laut aman, selamat dan mampu menghadapi tantangan. Laut Kepulauan Indonesia memberikan akses damai kepada kapal-kapal yang melintas itu menjadi perhatian kita," tegasnya. 

Baca Juga:
DLU Apresiasi Kelancaran dan Kesuksesan Angkutan Laut Lebaran

" Insan KPLP memiliki tanggung jawab yang besar secara nasional ataupun internasional dalam bidang patroli, pengamanan dan penegakkan hukum pelayaran, intelijen serta advokasi, tertib pelayaran di laut dan pantai, penanggulangan musibah, pekerjaan bawah laut dan sarana," tambahnya. 

Diakhir sambutan Dirjen Hubla teriakan KPLP dan dijawab hadirin dengan semboyan Dharma Jala Praja Tama. 

Saat ini KPLP didukung oleh 264 Unit Pelaksana Teknis dan 5 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai dengan armada 680 kapal patroli. 

Dalam kesempatan tersebut sekaligus menggelar kampanye keselamatan dengan memberikan life jakcet kepada beberapa nelayan setempat. 

Hadir pada acara UPT Ditjen Hubla, TNI-Polri, stakeholder dan asosiasi. Dimeriahkan oleh Marching Band Taruna STIP Jakarta

Di akhir kegiatan menyaksikan demo boarding offiicer yang dibawakan oleh petugas dari PPLP Kelas 1 Tanjung Priok.(ahmad)