Momen Libur Panjang, Penumpang Kereta Whoosh Meningkat hingga 20 Persen

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 09/Mar/2024 13:33 WIB
Penumpang Whoosh di Stasiun Halim. (Ist) Penumpang Whoosh di Stasiun Halim. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jumlah penumpang kereta cepat Whoosh mengalami lonjakan pada periode long weekend cuti bersama Hari Raya Nyepi hingga 20%. Lonjakan penumpang sudah terlihat sejak Kamis, 7 Maret 2024.

Manager Corporate Communication PT KCIC, Emir Monti menyebutkan, pada Kamis 7 Maret 2024 Whoosh memberangkatkan sebanyak 18,5 ribu penumpang. 

Baca Juga:
Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang di Angkutan Lebaran Perdana 2024

Sedangkan pada Jumat 8 Maret 2024 mencapai 20 ribu penumpang. Jumlah penumpang meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya dimana KCIC melayani sebanyak 15 s.d 16 ribu penumpang.

"Secara total dalam waktu 3 hari jumlah penumlang Whoosh mencapai sekitar 55 ribu, lonjakan penumpang ini terjadi karena adanya long weekend Hari Raya Nyepi dan Cuti bersama. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan momen ini untuk bepergian dan berlibur dengan menggunakan Whoosh sehingga KCIC melakukan penambahan perjalanan," ujar Emir, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga:
Aturan Barang Bagasi Penumpang Kereta Whoosh, Ini yang Boleh dan Enggak yang Harus Kamu Bawa!

Untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang, KCIC mengoperasikan 4 perjalanan KA Tambahan sehingga dijalankan sebanyak total 44 perjalanan Whoosh di periode libur panjang sejak Jumat 8 Maret 2024 hingga Selasa 12 Maret 2024.

Adapun untuk keberangkatan Sabtu 9 Maret 2024, tiket yang sudah terjual hingga Sabtu pagi berada di angka 16 ribu tiket. Angka ini akan terus bertambah seiring dengan masih berlangsungnya proses penjualan tiket dan diperkirakan dapat mencapai 19 ribu penumpang.

Baca Juga:
Penumpang Kereta Whoosh akan Diperiksa Tiket untuk Keamanan dan Kesesuaian Manifes Perjalanan

"Beberapa jadwal perjalanan dari Jakarta menuju Bandung bahkan sudah hampir terjual habis. Jadwal yang menjadi favorit masyarakat adalah keberangkatan pagi hingga siang dari Halim dan sore hingga malam dari Tegalluar dan Padalarang," lanjutnya. 

Emir pun mengingatkan kepada penumpang Kereta Cepat Whoosh untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta yang tertera pada tiket atau e-tiket. Hal ini penting agar penumpang tidak tertinggal kereta. 

"Kami juga mengimbau kepada penumpang untuk tiba di stasiun setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan. Hal ini agar penumpang tidak terburu-buru mengingat ada proses pengecekan keamanan dan boarding yang harus dilakukan penumpang," ujar Emir. (fhm)