Pengguna Meningkat 7%, KAI Commuter Layani 8 Juta Lebih Penumpang hingga H-2 Idulfitri

  • Oleh : Fahmi

Senin, 08/Apr/2024 19:27 WIB
Penumpang KRL. Penumpang KRL.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Selama masa Angkutan Lebaran tahun 2024 ini, Volume penumpang KRL Commuterline terpantau mengalami tren kenaikan. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pergerakan mayarakat mudik tahun ini merupakan mudik terbesar setelah masa pandemik kemarin. 

Baca Juga:
Dukung Timnas Lawan Uzbekistan, KAI Commuter Gelar Nobar Bersama Penumpang KRL di Stasiun BNI City

"KAI Commuter memprogramkan melayani pengguna sebanyak 19.502.277 orang di seluruh wilayah operasional selama masa Angkutan Lebaran ini," ujar Anne, Senin (8/4/2024).

Hingga Ahad (7/4/2024) kemarin atau memasuki hari ke-8 pelaksanaan masa Angkutan Lebaran tahun 2024 tercatat total pengguna KRL di seluruh wilayah sebanyak 8.028.105 orang, atau lebih besar 7% jika dibanding program hingga di hari yang sama, yaitu sebanyak 7.509.414 orang. 

Baca Juga:
Penumpang KRL Meningkat di Hari Kerja, KAI Commuter Ajak Jaga Keselamatan

"Tren kenaikan volume pengguna terpantau di seluruh wilayah," ungkap Eva.

Sementara itu di wilayah Jabodetabek, selama masa Angkutan Lebaran mulai 31 Maret – 7 April kemarin tercatat volume pengguna sebanyak 7.070.204 orang atau lebih besar 8% dari program yaitu sebanyak 6.547.444 orang. "Pergerakan pengguna Commuter Line Jabodetabek juga masih terpantau di stasiun-stasiun yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan atau sentra bisnis lainnya serta stasiun di sekitar Kawasan tempat wisata," sambung Anne.

Baca Juga:
Kereta Api Suite Class Compartment dan Luxury Laris Manis saat Angkutan Lebaran 2024

Terpantau Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun tujuan dengan pengguna terbanyak, dimana stasiun tersebut masih ramai meski sudah memasuki masa mudik dengan masyarakat yang ingin membeli kebutuhan jelang lebaran.  

Selama Masa Angkutan Lebaran ini tercatat sebanyak 523.276 orang yang turun di stasiun tersebut. Sedangkan di Stasiun Bogor yang berlokasi di Kawasan wisata tercatat sebanyak 342.047 orang. 

Operasional Layanan Commuter Line Merak

Untuk Volume pengguna Commuter Merak, tercatat mulai Jumat (5/4) hingga Ahad (7/4) rata-rata pengguna Commuter Line Merak tercatat sebanyak 11.477 orang, atau lebih banyak 21% jika dibanding rata-rata volume pengguna di hari kerja pada masa Angkutan Lebaran (31/3 – 4/4) yaitu sebanyak 9.521 orang.

Untuk layanan Commuter Line Merak, setiap harinya KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan. Meskipun pada masa Angkutan Lebaran ini, mulai 3-9 April 2024 dilakukan penyesuaian pola operasional perjalanannya hanya sampai Stasiun Cilegon, pergerakan pemudik yang menggunakan Commuter Line Merak juga masih cukup tinggi.

Selama periode penyesuaian operasional Commuter Line Merak tersebut hingga Minggu 3-7 April kemarin, KAI Commuter mencatat total volume yang turun di Stasiun Cilegon sebanyak 14.378 orang. Sedangkan pengguna yang naik dari Stasiun Cilegon pada periode tersebut sebanyak 9.904 orang.

Untuk pengguna Commuter Line Merak yang akan menuju Pelabuhan Merak dan Stasiun Krenceng, bisa menggunakan transportasi lanjutan yang disediakan di Stasiun Cilegon secara gratis yaitu sekitar 30-35 unit angkutan kota. Untuk jadwal keberangkatan Commuter Line Merak pada periode tersebut tidak mengalami perubahan, masih sesuai dengan jadwal pemberngkatan di masing-masing stasiun.

KAI Commuter mengingatkan bagi pengguna commuterline yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan. Menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas selama dalam perjalanan.

Untuk keselamatan, pastikan menunggu pemberangkatan kereta di area peron tidak melewati garis kuning dan selalu dahulukan pengguna yang turun dari kereta. Jika membutuhkan bantuan Informasi lain, pengguna bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau cek aplikasi C-Access.(fhm)