Komut KAI Said Aqil Apresiasi Kinerja Jajaran Keamanan KAI Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 19/Apr/2024 21:21 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

SEMARANG (BeritaTrans.com) - Komisaris Utama (Komut) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Said Aqil Siroj memberikan apresiasi kepada petugas security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng atas nama Achmad Hidayatul Ikhsan yang telah berhasil menemukan barang penumpang yang tertinggal bernilai ratusan juta rupiah di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Minggu 7 April 2024 lalu. 

Kegiatan pemberian apresiasi tersebut dilaksanakan secara simbolis di Ruang Tunggu VIP Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Jumat (19/4/2024).

Baca Juga:
Jumlah Penumpang LRT Jabodebek Meningkat Tiap Bulan, KAI: Semakin Diminati Masyarakat

Pemberian penghargaan ini sebagai bagian dari apresiasi keberhasilan unit Pengamanan KAI dimana pada masa angkutan Lebaran 2024 periode 31 Maret s.d 16 April 2024, telah berhasil mengembalikan barang penumpang sebanyak 315 item barang dengan estimasi nilai barang mencapai Rp1,1 miliar. 

Komisaris Utama KAI Said Aqil Siroj mengatakan, perilaku terpuji Ahmad Hidayatul Ikhsan merupakan bukti bahwa Insan KAI memiliki moral, kejujuran, dan amanah yang dapat menjadi contoh bagi seluruh petugas lainnya yang ada di jajaran frontliner KAI.

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 12 KA Keberangkatan Stasiun Diberhentikan di Stasiun Jatinegara Kamis Sore hingga Malam

Ia melanjutkan, sikap amanah tersebut harus menjadi inspirasi dalam berkerja, meski pengalaman serupa bukan yang pertama di KAI. HaI ini membuktikan bahwa dalam bekerja, insan KAI bekerja dengan hati, buah dari bekerja atau memimpin korporasi berbasis intuisi. 

“Artinya, nilai kejujuran dan integritas merasuk ke sanubari setiap individu insan KAI dalam mengelola korporasi. Praktik seperti ini harus menjadi role model di seluruh jajaran Daop 4 Semarang dan seluruh unit kerja di KAI,” kata Said Aqil.

Baca Juga:
Antisipasi Keterlambatan Penumpang ke Gambir, 12 KA Beroperasional di Jatinegara Khusus Rabu 1 Mei

Pada masa angkutan Lebaran 2024 periode 31 Maret s.d 19 April 2024, KAI telah berhasil melayani penumpang KA jarak jauh dan lokal sebanyak 3.927.340 orang, atau naik 11 persen dibanding angkutan Lebaran tahun 2023 lalu sebanyak 3.544.632 orang.

Sementara jumlah KA yang melayani pada Angkutan Lebaran 2024 ini yaitu 6.826 KA, meningkat 33% dibanding Angkutan Lebaran 2023 sebanyak 5.116 KA. Adapun kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan pada Angkutan Lebaran 2024 ini yaitu 3.319.634 tempat duduk, meningkat 16% dibanding Angkutan Lebaran 2023.

Pada saat ini masih terjadi arus balik Lebaran, dimana KAI memprediksi arus balik tersebut masih akan berlangsung hingga hari Ahad (21/4/2024). 

“Masa peak season, khususnya di momen Angkutan Lebaran ini memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami mengimbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel,” kata Said Aqil.(fhm)