Kementerian-KP Salurkan Bantuan Konservasi di Kabupaten Pesisir Selatan

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 23/Mei/2024 20:49 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berkomitmen dalam menjaga kawasan konservasi perairan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Penyaluran Bantuan Konservasi kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Rimba Peduli Sungai Pinang menjadi salah satu langkah konkret KKP.

Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut Firdaus Agung saat dihubungi di Jakarta menyebutkan bantuan konservasi merupakan langkah percepatan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi dan pengelolaan jenis ikan terancam punah dan/atau dilindungi baik di dalam maupun di luar kawasan konservasi.

Baca Juga:
Kementerian-KP Alihkan Kewenangan Sertifikasi Awak Kapal Perikanan dari DJPT ke BPPSDM KP

“Untuk bantuan yang disalurkan kepada KOMPAK Rimba Peduli Sungai Pinang, tentunya KKP sangat apresiasi atas partisipasinya dalam melindungi dan melestarikan ekosistem pesisir di Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Firda.

Pengelolaan kawasan konservasi menurut Firdaus tidak dapat diselesaikan sendiri oleh KKP atau Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatra Barat namun membutuhkan dukungan kuat dari para pemangku kepentingan terkait dan kelompok masyarakat. 

Baca Juga:
Dirjen PSDKP KKP Dilantik, Menteri Trenggono Minta Berantas Penyelundupan BBL

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang Fajar Kurniawan juga menerangkan bahwa BPSPL Padang telah menyerahkan bantuan konservasi kepada 20 kelompok selama periode 2018 hingga 2023. Tahun 2022, salah satu kelompok penerima bantuan di Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi kelompok lainnya.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepercayaan pemerintah sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan konservasi dan dijaga sebaik mungkin,” imbuhnya.

Baca Juga:
Kementerian-KP dan FAO Siapkan Fishway Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro di Sukabumi

Berbasis di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kelompok Rimba Peduli Sungai Pinang aktif melakukan kegiatan perlindungan dan pelestarian penyu. Karenanya, KKP memberikan bantuan konservasi yang mendukung kegiatan kelompok yaitu peralatan pemantauan penyu seperti mesin tempel, genset, plang nama, toilet portable, senter kepala, pelampung, tenda, kamera digital dan printer.

Menanggapi bantuan KKP, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Pesisir Selatan Reva menyampaikan apresiasinya. Bantuan ini menurutnya bukti kepedulian KKP terhadap masyarakat pesisir di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kami berharap di tahun-tahun mendatang bantuan KOMPAK ini berlanjut kepada kelompok masyarakat lain di Kabupaten Pesisir Selatan. Selain itu, dengan kondisi perairan dan populasi ikan di Kawasan Mandeh yang menurun, bantuan KOMPAK diharapkan dapat menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat terhadap kelestarian laut,” ujar Reva.

Saat menerima bantuan KKP, Ketua Kelompok Rimba Peduli Sungai Pinang Plangko Saputra pihaknya berkomitmen menjaga dan memanfaatkan bantuan untuk kegiatan konservasi serta melaporkannya secara berkala. (Fhm)