Menhub Dorong Pembaruan Sekolah Kedinasan Perhubungan: jadi Lebih Produktif dan Kompetitif!

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 25/Mei/2024 19:21 WIB
Menhub bersama taruna BPSDMP Menhub bersama taruna BPSDMP


TANGERANG (BeritaTrans.com)  - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong sekolah-sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melakukan pembaruan.

"Jadilah lebih produktif dan kompetitif dalam beraktivitas," ujar Menhub saat memberikan pengarahan di hadapan civitas akademika dari sejumlah sekolah kedinasan, seperti Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPI Curug), Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), Politeknik Pelayaran Banten, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), yang berlangsung di PPI Curug, Tangerang, Banten, Sabtu (25/5/2024).

Baca Juga:
Menhub Lantik Risyapudin Nursin jadi Dirjen Perhubungan Darat

"Para pengajar bisa memberikan tugas yang bersifat kelompok dan berbasis digital untuk merangsang peserta didik agar lebih aktif dan kreatif dan kompetitif dalam lingkungan kampus."

Untuk mencapai hal tersebut, Menhub mengatakan, kurikulum sekolah yang berada di bawah nanungan harus humanis, beretika, dan futuristik.

Baca Juga:
Menhub Launching Kerja Sama Pengembangan SDM Perhubungan Laut: Perlu Penyesuaian Materi Pengajaran Calon Ahli Kepelabuhanan dengan Pekerjaan

“Saya berpesan agar sekolah-sekolah yang ada di bawah naungan BPSDMP harus memiliki kurikulum yang humanis, beretika, dan futuristik. Tinggalkan budaya kekerasan yang selama ini sangat merugikan,” katanya. 

Dia juga menerangkan bahwa dunia pendidikan di Indonesia saat ini secara garis besar sudah berubah, termasuk dalam hal silabus yang lebih beragam, seperti halnya tentang ekonomi, hubungan antarmanusia, hingga bisnis baru yang kompetitif.

Baca Juga:
Menhub: Kita Perlu Karakter Baru Pemimpin Masa Depan Transportasi

Selain itu, hampir semua kampus di Indonesia juga melakukan peningkatan agar mampu bersaing dengan dunia luar yang terus berkembang. 

“Kalian harus bersaing secara sehat dalam hal prestasi. Pasalnya, di masa depan, kalian lah yang akan memegang kendali di dunia transportasi,” tambah Menhub. 

Dia juga menekankan pentingnya mega shifting di dunia pendidikan. Peserta didik harus membangun karakter dan skill baru agar mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada di masa depan. 

Butuh kesadaran dari semua pihak, khususnya mahasiswa, untuk menyukseskan reformasi di sekolah-sekolah BPSDMP. 

“Pakai hati untuk berubah. Reformasi jangan hanya menjadi jargon, tapi harus benar-benar diimplementasikan,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu ada sesi sharing dengan narasumber Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi serta Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Capt. Maulidin, dipandu Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati.

Topik yang dibahas adalah terkait dunia penerbangan, mulai dari peluang hingga tantangan di sektor aviasi. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Plt. Kepala BPSDMP Subagiyo, Sekretaris BPSDMP Wisnu Handoko, Direktur PTDI-STTD Hananto Prakoso, Plh. Direktur PPI Curug I Wayan Juliarta, Kapus Udara Achmad Setiyo Prabowo, Kapusbang SDM Aparatur Perhubungan Arief Affandi, dan Ketua STIP Tri Cahyadi. (omy)