Penumpang Pesawat Ini Di-blacklist Pihak Maskapai Gegara Bikin Video Tiktok

  • Oleh : Redaksi

Senin, 23/Nov/2020 20:11 WIB
Foto: ilustrasi Foto: ilustrasi

Jakarta (BeritaTrans.com) - Gara-gara buat video TikTok penumpang pesawat ini masuk daftar hitam maskapai penerbangan. Penumpang pesawat tersebut di-blacklist karena dianggap merugikan pihak maskapai.

Dilansir Independent, pemilik akun TikTok robkallday di-blacklist maskapai Spirit Airlines setelah mengunggah video 'travel hack' atau 'cara curang' untuk membawa tas ke kabin tanpa membayar.

Baca Juga:
INACA: Iuran Pariwisata jadi Beban Tambahan Penumpang dan Maskapai Penerbangan

Penumpang tersebut diduga menggunakan trik untuk tidak membayar biaya bagasi kabin dalam penerbangan.

 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka

TikToker (pengguna tiktok), dengan pengikut lebih dari 180 ribu orang itu mengunggah video yang memperlihatkan dirinya menggunakan software untuk mengubah boarding pass miliknya.

Dalam boarding pass tersebut, tertulis '1' yang berarti boleh membawa bagasi kabin sedangkan '0' berarti tidak boleh. Sedangkan TikToker yang diketahui bernama Rob K ini memanipulasi angka tersebut agar dirinya bisa membawa bagasi secara gratis.

Baca Juga:
Hilangnya Pesawat Smart Aviation, Diduga Jatuh di Area Pegunungan

Tak sampai di situ, ia juga menyarankan penumpang menggunakan aplikasi editing tersebut untuk mengedit boarding pass digital miliknya.

Meski dalam video TikTok berjudul “Spirit carry on hack” ini dia tidak benar-benar melakukannya dan hanya menunjukkan bagaimana melakukannya. Pengguna TikTok tersebut pun tetap dikenakan sanksi pihak maskapai.

"Seperti yang Anda ketahui, Anda membuat video di platform media sosial TikTok yang menunjukkan kepada pengguna cara memanipulasi boarding pass Spirit Airlines dan secara curang menunjukkan bahwa mereka membayar tas jinjing yang merugikan keuangan Spirit Airlines," tulis pernyataan pihak maskapai Spirit Airlines.

Akibat kejadian tersebut Rob K pun dilarang untuk terbang menggunakan maskapai Spirit Airlines hingga 2 tahun mendatang.

“Sehubungan dengan perbuatan buruk yang mengerikan ini, Spirit Airlines telah memutuskan bahwa Anda tidak lagi diizinkan untuk terbang bersama kami dan kami telah menempatkan Anda dalam daftar untuk tujuan ini. Anda juga dilarang menggunakan fasilitas Spirit," lanjut pernyataan pihak maskapai.

Maskapai Spirit Airlines juga mengatakan meski jangka waktu larangan tersebut berakhir, Rob K harus membuat pernyataan kepada pihak maskapai untuk mempertimbangkannya terbang kembali.

"Anda harus menjelaskan mengapa kami harus mempertimbangkan kembali pembatasan tersebut dan memberikan jaminan tegas bahwa Anda akan berperilaku baik di masa depan," lanjutnya.

Saat ini, video yang dia unggah tersebut pun telah ditonton lebih dari 2,7 juta kali dan disukai 154 ribu orang dan menuai beragam komentar dari pengguna jagat maya.

(lia/sumber:kumparan)