Mewahnya Kabin Bus Double Decker Rosalia Indah Serasa di Pesawat

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 11/Des/2020 22:05 WIB
Bus Rosalia Indah Double Decker di pool Bulak Kapal, Bekasi. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id Bus Rosalia Indah Double Decker di pool Bulak Kapal, Bekasi. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id

BEKASI (BeritaTrans.com) - Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah, yang bermarkas di Palur dekat Kota Solo,kesohor di kalangan busmania.

Apalagi  operator angkutan jalan itu juga mempunyai bus bertingkat premium yakni Double Decker.

Baca Juga:
Mewah! Bus Double Decker Terbaru Milik Gunung Harta Beroperasi, Berapa Sih Tarifnya?

Bus Double Decker yang dimiliki Rosalia Indah ini menggunakan rangka dan jantung pacu dari Volvo seri B11R yang dibalut dengan bodi 3+ Super Double Decker (SDD) buatan karoseri Adi Putro.

Informasi dari berbagai sumber, keseluruhan panjang dimensi bus mencapai 13,5 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 4,1 m. Sekali angkut bus bisa membawa 44 penumpang.

Baca Juga:
PO Gunung Harta Rilis Bus Double Decker Baru, Buat Rute Mana Sih?

Sementara, untuk jantung pacunya berkapasitas 11.000 cc, berkonfigurasi 6-silinder inline dengan tenaga 430 dk dan torsi maksimal 1.970 Nm. Daya maksimum itu didistribusikan pada transmisi 12 percepatan, yang disebut i-Shift.

Dari fitur keselamatan menggunakan Electronic Brake System, Anti-lock Braking System, Hill Start Aid, Brake Assist, dan Volvo Electronic Stability Program. Ada juga perangkat keselamatan bawaan karoseri berupa 2 pintu darurat, martil pemecah kaca, dan 2 APAR.

Baca Juga:
PO Rosalia Indah Tambah Lagi Bus Tingkat dari Karoseri Adiputro

“Bus Double Decker sassis Volvo seri B11R yang sekarang lebih aman dan nyaman. Karena Rosalia Indah mementingkan keselamatan dan kenyamanan penumpanng selama perjalanan,” ucap Wahyu pengemudi bus Double Decker saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id di pool bus Bulak Kapal, Bekasi, Jumat (11/12/2020).

Menariknya, bus Double Decker ini menawarkan 3 kelas yakni Executive Plus, Super Top, dan First Class. Masing-masing memiliki tingkat kenyamanannya sendiri dan Harga yang berbeda.

“Double Decker ini punya 3 kelas beda, tingkat kenyamanan yang beda-beda dan satu lagi, pastinya harga juga berbeda,” tambahnya.

Kelas Executive Plus bagian kabin atas bus Rosalia Indah Double Decker. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Untuk kelas Executive Plus, kursinya berada di dek atas. Konfigurasinya 2-2 jumlahnya 36 seat. Fasilitas tambahan seperti monitor LCD, selimut, bantal, jok dengan leg rest, dan foot rest yang juga berfungsi sebagai tempat sepatu.

Kelas Super Top dan First Class pada kabin bawah dan disekat oleh pintu. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Kemudian, kelas Super Top, kursi terletak pada dek bawah sebanyak 6 seat. Fasilitasnya juga sama sebelumnya. Hanya ditambahkan slot USB dan meja lipat.

Sedangkan, First Class hanya tersedia 2 kursi. Joknya pun bisa difungsikan sebagai tempat tidur yang datar, sehingga memberikan kenyamanan ekstra bak menaiki pesawat.

Khusus First Class ada fasilitas tambahan berupa personal LCD TV, slot USB, lampu baca pribadi, tirai, take order service, dan fasilitas umum seperti bantal, selimut, air mineral dan toilet.

“Dari ketiga kelas, First Class lah yang fasilitasnya paling lengkap mulai dari personal LCD TV sampai toilet,” tutur Wahyu.

Untuk 2 kelas terakhir yang disebutkan dipisah oleh sekat berpintu, sehingga menjanjikan penumpang non kelas tidak bisa masuk sembarangan.

“Ada pintu siaitu memang sengaja biar penumpang yang lain ngga mondar-mandir masuk,” ucapnya.

Harga Tiket bus Rosalia Indah Double Decker 

Untuk harga tiket seperti dari Jakarta-Solo, yang BeritaTrans.com dan Aksi.id lansir dari laman resminya, kelas Executive Plus Rp 250 ribu, Super Top Rp 300 ribu, dan First Class Rp 385 ribu. Harga tiket bisa berbeda-beda sesuai dengan tujuan akhirnya.

“Harga tiket untuk First Class bisa Rp400 ribuan, kalau tujuan ke Solo, kaya bus yang sekarangg saya bawa ini. Kalau tujuan lain bisa berbeda harganya tidak sama dengan tujuan Solo. Kaya tujuan Semarang dan Surabaya” tutup Wahyu.