Bergaya Pejabat Negara, Sopir Bus Harapan Jaya ini Susuri Jakarta-Madiun

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 05/Janu/2021 18:59 WIB
Eko 38 tahun, pengemudi bus PO Harapan Jaya dengan mengenakan seragam lengkapnya. Eko 38 tahun, pengemudi bus PO Harapan Jaya dengan mengenakan seragam lengkapnya.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Angkutan moda transportasi darat kini mulai berbenah, termasuk penampilan para kru mulai diseragamkan bahkan penampilannya tak kalah, layaknya pejabat penting negara.

Adalah Eko 38 tahun, di balik kemudi bus dengan menempuh perjalanan panjang lintas jawa, dia harus mengenakan kemeja berdasi beserta jas berwarna abu-abu juga mengenakan peci.

Baca Juga:
Bocah Berburu Klakson Telolet Basuri

Tak lupa pula celana goyang atau kain dengan sepatu menjadi pelengkap sebagai seragam dari kru PO Harapan Jaya tersebut.

Saat ditemui BeritaTrans.com, bus yang dia kendarai tengah menaikan penumpang di agen Bulak Kapal, Bakasi untuk diangkut menuju Madiun. Sebelumnya dia mengawali perjalanan dari Pool yang ada di Ciputat, Tanggerang.

Baca Juga:
Mbak Wiwit Sopir Bus PO MTI, Baru Kerja 5 Hari Gajinya Fantastis

Penampilan yang tidak biasa tersebut, juga tidak membuatnya luput dari tugasnya sebagai pemberi pelayanan. Termasuk menyusun dan menaik turunkan barang bawaan penumpang.

Baca Juga:
Ramai Pemudik, Tiket Bus Beberapa PO di Terminal Bekasi Sudah Habis

BeritaTrans.com melihat setibanya di lokasi, dengan seragam itu, dia juga langsung membuka bagasi dan membantu kenek dan kru lain untuk menyusun barang bawaan penumpang di bagasi, termasuk paket-paket kiriman.

Bapak dua orang anak ini mengaku sudah tiga tahun bergabung di PO lintas antarkota antarpropinsi (AKAP) tersebut.

Melintasi jalan Jakarta-Madiun harus ditempuhnya bersama para kru lain, termasuk sopir satunya lagi dan kenek bus atau yang biasa disebut sebagai pramugara.

Diakuinya, saat pandemi covid-19 suasana penumpang saat ini belum stabil dan cenderung lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi.

"Sekarang gini belum normal, kemarin pas tahun baru naik eh sekarang mulai turun lagi," kata Eko di Bekasi, Selasa (5/1/2020).

Warga Kelurahan Magersari, Magelang, Jawa Tengah ini akan bergelut di jalan dengan busnya selama 14 jam diperjalanan dengan tujuan Madiun tersebut.

Bus Harapan Jaya kelas eksekutif dengan ketersedian kursi berjumlah 32 tersebut untuk tujuan Jakarta-Madiun adalah Rp265 ribu.(fahmi)