Angkut 691 Koli Bantuan Kemanusiaan, KM Egon Berangkat dari Surabaya ke Kalsel dan Sulbar

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Janu/2021 14:23 WIB
Kapal KN Egon sesaat sebelum memgangkut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (26/1/2021). Kapal KN Egon sesaat sebelum memgangkut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (26/1/2021).

SURABAYA (BeritaTrans.com)  - Angkut 691 koli, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) memberangkatkan KM Egon dengan muatan barang bantuan kemanusiaan bencana alam gempa bumi dan banjir yang melanda Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Kapal tipe Ro-Ro itu bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya hari ini (26)1/2021) untuk selanjutnya menuju Pelabuhan Batulicin (Kalsel) dan Pelabuhan Pare-Pare. 

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Hadir melepas keberangkatan KM Egon Kepala Cabang Pelni Surabaya Ridwan Mandaliko bersama dengan Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Meddy Purwanto dan sejumlah pejabat lingkungan Pelabuhan Tg. Perak Surabaya. 

Plt. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni A.A.N Budi Tresnawan merinci, KM Egon total mengangkut 691 koli barang bantuan berupa kebutuhan pokok, obat-obatan, tikar, tenda, untuk kendaraan telah diangkut 4 unit kendaraan bantuan, dan 13 orang relawan/tim tenaga medis.

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

"Kami berterimakasih atas partisipasi masyarakat, perusahaan BUMN maupun swasta, serta instansi lainnya yang telah memanfaatkan kapal Pelni untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Sulbar dan Kalsel," jelas Budi.

Sesuai Emploii, KM Egon dijadwalkan tiba di Pelabuhan Batulicin Rabu (27/1/2021) dan tiba di Pelabuhan Pare-Pare Kamis (28/1/2021). 

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Seluruh bantuan kemudian akan diserahkan pada PIC wilayah setempat untuk didistribusikan menuju lokasi bencana di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Kalimantan Selatan), Mamuju, dan Majene (Sulawesi Barat). 

Dari jumlah angkutan bantuan, kata dia, di dalamnya termasuk 220 koli barang bantuan dari Pelni Group. 

"Dengan jargon BUMN Untuk Indonesia yang diusung seluruh perusahaan BUMN bersama Kementerian BUMN, serta atas dukungan dari Kementerian Perhubungan, kami bersama anak usaha PT SBN dan PT PIDC bahu-membahu untuk meringankan para korban bencana," ujarnya. 

KM Egon merupakan kapal jenis Ro-Ro dengan kapasitas 500 pax. Kapal tersebut mampu mengangkut penumpang, muatan barang, hingga kendaraan bermotor. 

Saat ini KM Egon melayani rute Waingapu - Lembar - Waingapu - Lembar - Surabaya - Batulicin - ParePare - Batulicin - Surabaya - Lembar - Waingapu. (omy)