Indikasi Mesin Terbakar, Boeing 767 MasAir Cargo Alihkan Pendaratan

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 31/Janu/2021 20:13 WIB
MasAir mengoperasikan armada tiga kargo Boeing 767. Foto: BriYYZ via Flickr MasAir mengoperasikan armada tiga kargo Boeing 767. Foto: BriYYZ via Flickr

ONTRAIO (BeritaTrans.com) - Boeing 767 berkonfigurasi kargo yang dioperasikan oleh maskapai Meksiko MasAir Cargo dialihkan setelah indikasi kebakaran mesin. Itu baru saja berangkat dari Los Angeles, California.

Insiden itu membawanya ke Ontario, yang terdengar seperti pengalihan bertele-tele ke provinsi Kanada tengah.

Baca Juga:
Mesin Mati, Boeing 767 Delta Air Lines Balik ke Bandara Asal

Namun, Ontario yang dimaksud adalah, sebenarnya, kota di San Bernadino County, California, tepat di sebelah timur 'City of Angels'.

Tapi bagaimana tepatnya kejadian itu berjalan dengan baik?

MasAir Cargo Boeing 767-300F yang mengoperasikan penerbangan M76852 mendarat di Los Angeles dari Mexico City satu menit lebih awal pada Jumat (29/1/2021), pukul 08:07 waktu setempa.

Kemudian dijadwalkan untuk kembali ke asalnya dengan pengiriman barang baru pada pukul 09:30, sebagai penerbangan M76853. Di antara muatannya terdapat barang-barang berbahaya seperti dry ice dan baterai.

Namun, data dari AirNav RadarBox menunjukkan bahwa mereka tidak meninggalkan LAX hingga pukul 10:46, terlambat lebih dari 75 menit.

Pesawat berangkat dari landasan pacu 25R dan pada awalnya diizinkan untuk naik ke ketinggian 12.000 kaki. Namun, Kebetulan, penundaan itu terbukti menjadi masalah terkecil.

M76853 Flightpath 29Jan2021Jalur penerbangan MasAir Cargo penerbangan M76853 (oranye) pagi kemarin. Gambar: AirNav RadarBox

Menurut The Aviation Herald, pesawat baru mencapai 10.000 kaki sebelum dua orang awaknya memilih untuk menghentikan pendakian. Pada tahap ini, mereka menyatakan keadaan darurat dan mengumumkan niat mereka untuk kembali ke LAX. Secara khusus, mereka tampaknya menghadapi kegagalan mesin, karena indikasi kebakaran mesin untuk pembangkit listrik di sebelah kanan.

Setelah berputar beberapa saat untuk mengerjakan daftar periksa yang diperlukan, kru memberi tahu bahwa indikator api telah padam.

Meskipun demikian, mereka memilih untuk melanjutkan pengalihan, meskipun cuaca buruk di daerah Los Angeles membuat mereka mengubah tujuan mereka ke Ontario International (ONT) terdekat.

Bandara ini sering digunakan sebagai lokasi pendaratan alternatif untuk pesawat jarak jauh LAX karena landasan pacu yang panjang dan kedekatannya dengan Los Angeles.

Penerbangan M76853 akhirnya mendarat di landasan pacu 26L di Ontario pada 12:05 waktu setempat. Telah menghabiskan 69 menit di udara sejak meninggalkan LAX.

MasAir Cargo Boeing 767-300F Cuaca buruk di area Los Angeles menyebabkan MasAir Cargo Boeing 767-300F dialihkan ke Ontario di dekatnya. Foto: Aero Icarus via Flickr

Boeing 767-300F yang harus berbelok mengikuti indikasi kebakaran mesin kemarin memiliki registrasi N363CM.

Menurut Planespotters.net, pesawat ini berusia di atas 30 tahun. Maskapai berbendera Australia, Qantas, awalnya menerima pengirimannya pada Juli 1990. Pesawat itu memiliki registrasi VH-OGF, dan nama Kota Lismore.

Setelah 21 tahun melayani angkutan penumpang, maskapai ini menarik pesawatnya pada tahun 2011. Setelah itu, maskapai ini melakukan konversi kargo. Konversi tersebut terjadi saat pesawat berada di bawah kepemilikan lessor Cargo Aircraft Management (CAM).

Sumber: simpleflying.com.