Pengguna KRL Meningkat, Paling Tinggi Stasiun Bekasi Capai 46%

  • Oleh : Fahmi

Senin, 01/Feb/2021 11:58 WIB
Pengguna KRL di Stasiun Manggarai. Pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terjadi antrean pengguna KRL di beberapa stasiun pada Senin (1/2/2020) pagi, KAI Commuter menyatakan bahwa ada peningkatan pengguna daripada pekan lalu di waktu yang sama saat adanya antrean tersebut. 

"Mengawali pekan pertama di Februari 2021 pada Senin (1/2) pagi ini kondisi seluruh stasiun terpantau lancar, kondusif, dan pengguna tetap tertib untuk antre naik KRL," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada keterangan resminya, Senin (1/2/2021). 

Baca Juga:
3 Remaja Keserempet Kereta Saat Ngonten di Dekat Rel, 1 Tewas

KAI Commuter mencatat hingga pukul 09.00 WIB jumlah pengguna KRL sebanyak 137.775 orang atau bertambah sekitar 4% dibanding waktu yang sama pada Senin pekan lalu yang mencapai 131.569 orang. 

KAI Commuter masih menyesuaikan operasional KRL dengan 964 perjalanan KRL per hari dimulai pukul 04.00-22.00 WIB sejalan dengan pemberlakuan PPKM. 

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Hari Jumat 26 April, Tarif Promo Terjauh Berlaku di Jam Berikut!

Anne memaparkan, sejumlah stasiun mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bekasi (7.708 pengguna, naik 46% dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bogor (10.718 pengguna, naik 2%), dan Stasiun Cilebut (7.078 pengguna, naik 11%). 

KAI Commuter berharap para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada. Informasi jadwal, posisi kereta, dan pantauan kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access. 

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Ditargetkan Rampung Awal Tahun 2025

Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. 

Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. 

Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama. 

KAI Commuter juga mengajak pengguna KRL untuk tetap mematuhi arahan pemerintah dengan mengurangi mobilitas serta mengatur bekerja dari kantor sebesar 25% guna menekan penyebaran Covid-19. (fahmi)