Begini Angkasa Pura II Identifikasi 3 Tantangan Utama Sektor Penerbangan Tahun 2021

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 06/Feb/2021 07:16 WIB
Suasana pelaporan dokumen kesehatan di Bandara Angkasa Pura II Suasana pelaporan dokumen kesehatan di Bandara Angkasa Pura II

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awwluddin menyampaikan, pihaknya mengidentifikasi dan mengantisipasi adanya tiga tantangan utama yang dihadapi sektor penerbangan nasional pada tahun ini.

Pertama menurutnya terkait pasar penerbangan di tengah pandem. PT Angkasa Pura II meyakini pemulihan pasar rute domestik akan berlanjut pada tahun ini.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

"Sementara untuk rute internasional sangat bergantung dari kondisi terkini dan kebijakan pemerintah di masing-masing negara," ujar Awaluddin, Sabtu (6/2/2021).

Kedua, skema operasional. Situasi pandemi ini membuat adanya upaya tambahan dari stakeholder penerbangan untuk memastikan aspek kesehatan bagi traveler, karyawan dan semua pihak. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Kata dia, meski hal ini membuat prosedur operasional semakin kompleks, namun stakeholder memahami pentingnya aspek kesehatan. Sejalan dengan itu, optimalisasi harus dilakukan di setiap lini agar operasional tetap berjalan lancar. 

"Terakhir namun tak kalah penting yakni aspek finansial," ungkapnya.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Aspek finansial di stakeholder penerbangan akan tumbuh pada tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Namun, diperkirakan masih di bawah 2019 saat dunia belum dilanda pandemi Covid-19.

Awaluddin mengatakan, dalam menghadapi tiga tantangan itu PT Angkasa Pura II telah menetapkan program pemulihan bisnis (Business Recovery) dengan tema REFOCUS 2021 yang merupakan akronim dari Recovering The Business Rapidly, Fostering The Operational Leadership, dan Digitalizing Customer Experience. (omy)