Muslim Berhari-hari Kendarai Bus NPM dari Padang ke Bekasi

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 23/Mar/2021 17:28 WIB
Pengemudi bus NPM Muslim saat menaikan penumpang di Terminal Bekasi. Pengemudi bus NPM Muslim saat menaikan penumpang di Terminal Bekasi.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Muslim 49 tahun adalah pengemudi bus lintas antarkota antarprovinsi (AKAP) PO NPM atau Naikilah Perusahaan Minang jurusan Padang-Jakarta. 

Dia mengaku sebelumnya dia ialah pengemudi bus Pariwisata di PO NPM tersebut. 

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

"Kita ini sebenarnya cuma diperbantukan saja. Saya sopir Pariwisata," kata Muslim di Terminal Bekasi, Selasa (23/3/2021). 

Dia menyebutkan saat ini pariwisata di Sumbar dan sekitarnya kini tengah sepi, terlebih lagi di masa pandemi. Akibatnya semua sopir di pariwisata diperbantukan untuk bus yang antarkota antarpropinsi (AKAP) atau regular. 

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Dia sudah sembilan tahun bergabung di PO ini, namun karena kondisi saat ini kini membawa bus AKAP. 

Kini bapak dua anak ini, setiap hari harus menyusuri jalanan Bekasi- Jakarta-Padang, selama dua malam satu hari. 

Baca Juga:
Terminal Bekasi Ramai Dipadati Penumpang Akhir Tahun

Saat ditemui BeritaTrans.com bus yang dia kendarai telah sampai malam hari dan diberangkatkan kembali pada pagi hari. Artinya dia hanya menginap untuk menunggu jadwal keberangkatan. 

"Kita sampai semalam jam sembilan, tadi malam sampai ke Pondok Ungu, pagi langsung ke mari jemput penumpang," kata Muslim. 

Selama puluhan jam, Warga Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, ni bersama kru lainnya, mengaku selalu berhati-hati ketika di jalan, terlebih lagi unit yang dikendarainya masih terbilang baru. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id unit bus yang dia kendarai dengan berwarna putih dengan lis lengkungan khas berwarna merah, kuning dan hijau tersebut terlihat lebih modern dan masih terlihat mengkilat baik terlihat di eksterior maupun di interiornya. 

Bus NPM yang dia kendarai dari terminal tersebut membawa beberapa orang penumpang, kemudian akan mengambil penumpang lain dari terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur atau terminal lain di sejumlah titik di Jakarta, seperti Terminal Kalideres hingga sampai Poris. 

Untuk diketahui, tarif bus dari Bakasi atau Jakarta dengan tujuan Padang ialah Rp450 ribu dengan menggunakan unit bejenis Mercedes Benz A/C Seater Executive dua tambah dua. (fahmi).