Pengusaha Bus Curhat Kondisi Terminal Anak Air Padang

  • Oleh : Naomy

Rabu, 24/Mar/2021 14:03 WIB
Curhat PO Bus kepada Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani di Terminal Anak Air, Padang Curhat PO Bus kepada Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani di Terminal Anak Air, Padang

 

PADANG (BeritaTrans.com) - Bertemu Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Ahmad Yani, pengusaha bus curhat kondiai Terminal Anak Air Padang, Sumatera Barat.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Pembangunan Terminal Anak Air hampir rampung. Namun di terminal yang menyerupai bandar udara itu, masih ditemukan sejumlah kendala.

Hal itu disampaikan Tim PerpalZ TV di sela menyambangi terminal Anak Air dalam rangkaian perjalanan #PerpalzGoestoSumatra. 

Baca Juga:
H+4 Lebaran,1,2 juta Orang Terpantau Gunakan Angkutan Umum

"Menilik proses pembangunannya, bisa dikatakan terminal tipe A Anak Air nyaris 100 persen rampung. Tampilan terminal ini bisa dikatakan menyerupai bandara udara (Bandara)," ujar Kurnia Lesari Adnan (Sari) Co-Founder PerpalZ TV di Padang, Rabu (24/3/2021).

Beberapa kendala yang mereka alami antara lain, sulitnya bus berukuran besar masuk ke dalam area terminal. Padahal hampir semua bus antar kota antar provinsi (AKAP) berukuran besar.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Akses masuk dan pintu gerbangnya kata pria yang juga Direktur Utama PO Siliwangi Antar Nusa (SAN), terlalu sempit. Begitu juga pada lorong pemberhentian bus, akses untuk bus-bus besar yang panjang dirasakan kurang memadai.

Terminal ini merupakan terminal bus utama di kota Padang, menggantikan terminal Lintas Andalas yang berubah menjadi Plaza Andalas dan terminal Bengkuang yang berubah menjadi Balaikota Padang.

“Kami merasakan, terminal ini harus ada beberapa perbaikan lagi. Tentunya ini demi kenyamanan dan keamanan baik unit bus dan penumpang di terminal," ungkapnya.

Direkrtur Angkutan Jalan Ahmad Yani menanggapi positif dan menyampaikan agar segera melakukan perbaikan Terminal tipe A Anak Air 

"Hal ini agar benar-benar siap untuk dioperasikan. Kami telah melihat langsung fakta-fakta di lapangan. Kami akan segera melakukan penanganan dengan bagian yang berhubungan langsung dengan kesiapan terminal ini," ucap Yani.

Pengembangan perbaikan akan dilaksanakan secara bertahap. Semoga musim mudik ini sudah bisa melakukan uji coba.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumatera Barat Deny Kusdyana juga memaparkan akan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna memaksimalkan kesiapan terminal tipe A Anak Air.

“Seperti yang disampaikan bapak Direktur, secara bertahap kami akan melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait guna memaksimalkan pengoperasian terminal Anak Air ini," tuturnya.

Tentunya beberapa titik yang bermasalah ini akan dimaksimalkan perbaikannya.

Mengenai target penyelesaian pembangunan, Deny mengatakan belum bisa memastikan.

"Target belum bisa dipastikan. Namun upaya percepatan tengah dilakukan. Diharapkan saat musim mudik terminal sudah siap soft launching sekaligus uji coba," tutup dia. (omy)