Prosedur Baru Pemeriksaan Kedatangan Penumpang Internasional di Soekarno-Hatta Diharap Diterapkan juga di Bandara Lain

  • Oleh : Naomy

Minggu, 02/Mei/2021 17:27 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Prosedur baru pemeriksaan kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta dinilai solutif.

Adapun prosedur baru ini juga diharapkan dapat diimplementasikan di bandara-bandara lain yang menerima kedatangan penumpang pesawat dari luar negeri.

Baca Juga:
Rencana Strategis Ditjen Hubud 2025-2029 Dibahas Melalui FGD

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo menuturkan, prosedur baru ini merupakan suatu langkah yang solutif untuk memastikan persyaratan-persyaratan kedatangan internasional dapat dipenuhi oleh seluruh penumpang pesawat dari luar negeri. 

“Saya minta semua bandara lain yang menerima kedatangan PMI [Pekerja Migran Indonesia] dan WNA meniru Bandara Soekarno-Hatta [terkait prosedur kedatangan penumpang internasional],” ujar Letjen TNI Doni Monardo, Ahad (2/5/2021).

Baca Juga:
Ketua YKKAP I Apresiasi Kejati Jateng, Kerja Nyata Upaya Penyelamatan Aset Negara

Director of Operation & Service AP II Muhamad Wasid menuturkan, prosedur baru ini dapat dijalankan dengan baik oleh seluruh penumpang pesawat yang tiba dari luar negeri.

“Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta di bawah Satgas Udara Penanganan Covid-19 bersama-sama menjaga prosedur ini dapat berjalan dengan baik untuk turut mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Muhamad Wasid.

Baca Juga:
Gandeng Forkopimda Jateng, D.I. Yogyakarta dan Jatim, Ditjen Hubud Kampanye Keselamatan Penerbangan

Sejak diterapkan pada 30 April 2021, prosedur dapat dijalankan dengan baik untuk memastikan persyaratan-persyaratan kedatangan internasional dipenuhi oleh WNI dan WNA yang tiba dari luar negeri. 

"Kami berterima kasih kepada penumpang pesawat yang telah dengan baik menjalani prosedur kedatangan internasional,” ujarnya.

Wasid menambahkan, prosedur baru ini diharapkan juga dapat mendukung kelancaran proses karantina bagi penumpang pesawat di lokasi yang telah ditentukan.

"Baik itu di Wisma Atlet Pademangan atau di hotel-hotel," pungkasnya. (omy)