KM Sinar Bontang I Mati Mesin di Perairan Muara Jungkat, KSOP Pontianak Berhasil Selamatkan ABK

  • Oleh : Naomy

Minggu, 23/Mei/2021 16:30 WIB
KSOP Pontianak berhasil selamatkan ABK KM Sinar Bontang I KSOP Pontianak berhasil selamatkan ABK KM Sinar Bontang I

 

PONTIANAK (BeritaTrans.com) - KM Sinar Bontang I dilaporkan mati mesin di perairan  Muara Jungkat, Kalimantan Barat, Sabtu (22/5/2021) malam.

Baca Juga:
Peringati Hari Laut Sedunia, Kemenhub Sosialisasi PM 58/2013

Kementerian Perhubungan cq Dirketorat Jenderal Perhubungan Laut melalu Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak melakukan operasi SAR penyelamatan Anak Buah Kapal (ABK) KM Sinar Bontang I. 

Kepala KSOP Pontianak, Aprianus Hangki mengatakan, laporan diterima dari Petugas Keselamatan Berlayar Patroli dan Penjagaan (KBPP) tadi malam pada pukul 20.06 LT (Local Time). 

Diketahui 
kapal tersebut berlayar dari rute Sampit tujuan Pontianak dengan membawa muatan karet.

“Menerima informasi dari perwira jaga KBPP terkait laporan kapal KM Sinar Bontang mengalami mati mesin dan mau tenggelam di perairan Tg. Putus,” kata dia, Ahad (23/5/2021).

Selanjutnya, tim KBPP mengerahkan kapal patroli Kesataun Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yaitu KNP 341 meluncur langsung ke lokasi.

“Kasi KBPP Eka Ariandi juga langsung menghubungi keagenan kapal untuk di wilayah pontianak PT Kareso Jaya. Informasi yang didapatkan di atas kapal tersebut ada delapan orang ABK,” ungkapnya.

Setelah itu, Tim KBPP menginformasikan insiden tersebut kepada seluruh stakeholder terkait di wilayah kerja yang yang mendekati lokasi untuk melaksanakan koordinasi evakuasi. 

Sementara itu, kapal SAR dan kapal KNP. KPLP 341 sedang menuju bergerak ke TKP untuk melaksanakan pertolongan dan pencarian terkait insiden tersebut.

“Pukul 23.20 LT dilaporkan 8 ABK telah ditemukan TIM SAR korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan selanjutnya dievakuasi menuju KSOP Pontianak untuk diserahkan kepada PT Kareso Jaya,” tutupnya. (omy)