Digitalisasi PELNI Mudahkan Pelanggan

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 15/Jun/2021 09:14 WIB
Kemudahan booking tiket kapal PELNI dan informasi layanan perusahaan melalui Website resmi PT PELNI (Persero) Kemudahan booking tiket kapal PELNI dan informasi layanan perusahaan melalui Website resmi PT PELNI (Persero)

Semudah pesan tiket walau lagi mager, kini hadir layanan Whatsapp Call Center 162 yang dapat di akses di nomor 0811-1621-162

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Digitalisasi dalam layanan menjadi tantangan dan peluang. PT PELNI (Persero) tak ingin ketinggalan dan terus memperbarui layanan, utamanya bagi para penumpang. Terbukti sejak tahun 1990an upaya tersebut sudah mulai dilakukan secara bertahap digitalisasi bisnis angkutan penumpang. Tercatat tahun 1990-an hingga 2010 modernisasi dilakukan dengan menerapkan Clarion System. Dilanjutkan Oracle System di periode tahun 2010-2015. Pada masa 2015-2020 dimutakhirkan menjadi New Pelni Ticketing System dan terus bertransformasi sejak 2020 hingga kini dengan Pelni Passanger Service System.

Pjs Kepala Kesekretariatan PT Pelni Opik Taupik menyampaikan, digitalisasi merupakan keniscayaan. Hampir semua lini layanan Pelni kini memanfaatkan teknologi digital. " Mulai dari penjualan tiket secara online hingga cetak mandiri tiket di Pelabuhan keberangkatan," ujar Opik di Jakarta.

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Hal itu juga sejalan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya jaga jarak, hindari kerumunan, dan touch less. PELNI terus menambah penyediaan mesin cetak tiket mandiri. 

Opik menerangkan pada awal penggunaan mesin cetak tiket mandiri tahun 2019, PELNI telah menyediakan di 7 pelabuhan keberangkatan meliputi pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya, Semarang, Makassar, Belawan, Bitung, dan Ambon.

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

"Hingga tahun 2020, PELNI telah menambah fasilitas mesin cetak tiket mandiri  di pelabuhan Bau-Bau, Denpasar, dan Balikpapan. Tahun ini, Perusahaan mengupayakan agar dapat terpasang pada tiga pelabuhan lain seperti di Batam, Tanjung Pinang, dan Tanjung Balai Karimun," ungkapnya.

Dari sisi reservasi dan pembayaran tiket PELNI juga terus mengembangkan kanal digital. Terdapat empat cara yakni dengan memanfaatkan Pelni Mobile Apps, Modern Channel, Web reservation, dan cashless payment. Untuk cashless payment, pelanggan bisa melakukan pembayaran tiket dengan cara virtual account BNI, BRI, dan segera diberlakukan perbankan nasional lainnya serta melalui mesin EDC Bank Mandiri di berbagai cabang di seluruh Indonesia, yang dipergunakan sejak tahun 2019.

PT PELNI (Persero) juga menghadirkan layanan call center 162 dan Whats app di 08111621162, untuk mempercepat kebutuhan pelanggan seputar informasi rute dan jadwal kapal sehingga semakin mendekatkan diri kepada pelanggan. "Seluruh informasi juga bisa diperoleh melalui akun resmi media sosial perusahaan di @pelni162," pungkas Opik.