KBRI Muscat Bantu Pulangkan 12 ABK WNI Korban Eksploitasi Kap

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 18/Jun/2021 08:22 WIB
KBRI Muscat bantu 12 ABK WNI pulang ke Indonesia (foto:Istimewa/detiknews.com) KBRI Muscat bantu 12 ABK WNI pulang ke Indonesia (foto:Istimewa/detiknews.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KBRI Muscat, Oman membantu memulangkan 12 ABK WNI yang bekerja di Kapal Ikan Marwan 01 berbendera Somalia. 12 ABK WNI itu dibantu pulang ke Indonesia.

Dalam keterangan tertulis KBRI Muscat, pemilik kapal merupakan sebuah perusahaan di Bosaso Somalia, bernama Somalink Fisheries Investment Company. 12 ABK itu berangkat dari Ambon ke Jakarta pada Agustus 2020.

Baca Juga:
6 ABK WNI Wafat di Kecelakaan Kapal Korea di Perairan Jepang, Kemenhub Fasilitasi Pemulangannya

Pada 6 September 2020 mereka berangkat ke Dubai dan tiba di Somalia pada 7 September 2020. Setelah itu, 12 ABK WNI berangkat menggunakan Kapal Marwan 01 pada 10 September 2021 untuk mencari ikan.

Selama di kapal, para ABK ini tidak diperlakukan dengan baik. Makan tak layak dan bekerja di luar batas wajar.

Baca Juga:
Pemulangan Jenazah ABK Wafat di Republik Fiji Difasilitasi Kemenhub

Gaji yang mereka pun tidak sesuai kontrak. Bahkan, gaji para ABK ini tidak dibayarkan sejak Oktober 2020.

Pada 4 Februari 2021, Kapal Marwan 01 tiba di Pelabuhan Mukalla, Yaman. Mereka bersandar untuk membongkar muat ikan.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Pemulangan Jenazah 3 Pelaut Alami Kecelakaan Kapal Terbalik di Korsel

Pemilik kapal yang berkewarganegaraan Somalia berjanji kepada ABK akan membayarkan gaji. Namun, hingga kini keberadaan pemilik kapal pun masih belum diketahui.

Mengetahui hal itu, KBRI Muscat kemudian memberikan perlindungan. KBRI Muscat berkoordinasi dengan Kemenlu Yaman, Kedutaan Somalia di Muscat untuk memulangkan 12 ABK itu. Kini, 12 ABK WNI itu dalam perjalanan pulang ke tanah air.(amt/sumber:detiknews.com) 

Tags :