Idris Kemudikan Bus Sempati Star Medan-Jakarta 48 Jam, Tercepat dengan Patas VIP

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 22/Jun/2021 21:43 WIB
Pengemudi bus PO Sempati Star jurusan Medan-Jakarta, Idris 42 tahun. Pengemudi bus PO Sempati Star jurusan Medan-Jakarta, Idris 42 tahun.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Perjalanan darat dari Medan hingga ke Jakarta membutuhkan waktu berhari-hari. Hal itu sudah terbiasa dilakukan para pengemudi bus antarkota antarpripinsi(AKAP) yang memiliki trayek tersebut. 

Namun tetapi ada juga bus yang mampu menempuh waktu perjalanan di atas rata-rata bus atau pengemudi lain. 

Baca Juga:
225 Bus DAMRI Dikerahkan, Siap Layani Angkutan Haji 2024

"Boleh tanyak sama sopir-sopir lain. Sempati Star ini paling cepat, Medan-Jakarta bisa 48-50 jam," kata pengemudi bus Sempati Star, Idris 42 tahun saat ditemui BeritaTrans.com, Selasa (22/6/2021). 

Bus bersasis Tronton Scania dengan kelas Patas VIP, yang dikendarai Idris, terkenal dengan bus tercepat. Banyak pelanggannya yang merupakan penumpang bus yang sudah pernah naik bus ini akan kembali lagi akan menaiki bus ini. 

Baca Juga:
Dua Bulan Beroperasi, Bus Double Decker DAMRI Laris Diminati Masyarakat

Dijelaskan Idris, penumpang yang sudah pernah merasakan perjalanan dengan bus nopin 70 ini, untuk perjalanan berikutnya penumpang pasti akaj bertanya kapan bus tersebut akan berangkat dan penumpang tersebut ingin naik bus itu lagi. 

"Penumpang yang sudah naik ini, pasti tanyak saya lagi, bang kapan masuk?. Kalau enggak dia tanyak dulu ke loket, 70 kapan ada lagi?. Baru orang itu mau berangkat, kalau enggak ya nunggulah," jelas Idris. 

Baca Juga:
Perjalanan Nyaman Menuju Surabaya dan Malang, Simak Cara Memesan Tiket Bus Double Decker DAMRI

Warga Ulee Gle, Aceh ini mengungkapkan perjalanan bus dari Jakarta menuju Medan bisa ditempuh tiga hari dua malam, itu antara 60-70 jam. Namun, bus Sempati Star yang diawaki tiga orang kru tersebut mampu memangkas waktu yang lama tersebut. 

Dia juga menambahkan, saat di Jakarta bus akan mulai berangkat dari Terminal Bakasi dan singgah untuk menaikkan penumpang seperti di Terminal Pulo Gebang, Rambutan, Celilitan dan lain-lain. 

"Dari sini (Bekasi) enggak bisa kita hitung waktunya, karena ambil lagi penumpang Pulo Gebang, Celilitan. Nanti nyeberang (Merak ke Bakauheni) jam 20.00 sampai sana (Medan) dua hari kemudian jam enam sore, 48 jam," ceritanya. 

Dia juga menjelaskan perjalanan dari Medan, Sumatera sebelum tiba di Jabodetabek. 

"Kemarin aku tanggal 17 berangkat, sore jam 18.00. Sampai sini tanggal 19 jam 20.00. Kalau ke Merak, 46 jam doang, sampai sini bisa 48-50 jam," ungkapnya. 

Perjalanan tercepat menjadi banyak pilihan banyak penumpang Idris. Banyak penumpang yang meminta nomor handphonenya itu mengenai infornasi keberangkatan dia. Karena penumpang merasa senang dengan perjalanan yang singkat beberapa jam daripada bus Sempati Star lain. 

Dalam sebulan, Idris dengan bus Sempati Star nopin 70-nya mampu melayani perjalanan tiga kali pulang pergi(PP). Hal itu juga sudah termasuk perpal beberapa hari di Terminal Kampung Rambutan. Stau kali PP akan memakan waktu delapan hari. 

Sensasi kecepatan bus tersebut memang di dukung oleh bus yang sehat dan mempuni. Sehingga bus menjadi tetap nyaman dan aman ketika dikenadarai. 

Jalan tol rusak berlubang di Sumatera, dikatakan Idris juga membuat tantangan juga baginya. 

"Jalan Tol Palembang itu masih banyak yang rusak, lari 100(km/jam) kita ekstra waspada," katanya. 

Selain faktor bus yang siap untuk berlari kencang, Idris juga mengungkapkan dirinya dan para kru tetap bekerja secara prosedur dengan tetap berhati-hati mengutamakan keselamatan, baik yang ada di dalam bus maupun pengguna jalan lain. 

Tiket bus Sempati Star jurusan Medan-Jakarta yang melalui terminal-terminal di Jabodetabek ialah Rp700 ribu. Jika ada yang ingin naik busnya Idris juga membagikan nomor handphone yaitu 081263147817. Hal itu untuk mengetahui kapan dia akan diberangkatkan.(fahmi)