Apa Saja Kelebihan Bus Gunung Harta Gunakan Sasis Tronton? Ini Penjelasannya

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 02/Jul/2021 05:43 WIB
Bus Triple Axle Gunung Harta, Volvo B11R. Foto: BeritaTrans.com. Bus Triple Axle Gunung Harta, Volvo B11R. Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Saat ini perusahaan bus antarkota antarpropinsi (AKAP) telah banyak mempergunakan sasis triple axe atau biasa disebut tronton untuk armadanya.

Sasis tronton ini biasanya berasal dari eropa. Seperti Scania K410iB, Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dan Volvo B11R.

Baca Juga:
Joss! PO Sembodo Luncurkan Bus Suite Combi Plus Rute Jakarta-Padang

Untuk harga sasis tersebut dengan kelas premium ini terbilang mahal sampai miliaran rupiah. Belim lagi ditambah biaya untuk membuat bodinya di karoseri.

Lalu apa saja kelebihannya menggunakan sasis premium tersebut dibandingkan dengan sasis biasa?. Berikut penjelasannya.

Baca Juga:
Mewah! Bus Double Decker Terbaru Milik Gunung Harta Beroperasi, Berapa Sih Tarifnya?

Salah satu bus yang BeritaTrans.com temui di salah satu pool perusahaan bus AKAP di Bekasi, dengan mempergunakan sasis tronton yakni dari Gunung Harta.

Perusahaan bus Gunung Harta ini mayoritas mempergunakan sasis tronton keluaran eropa untuk armadanya.

Baca Juga:
PO Gunung Harta Rilis Bus Double Decker Baru, Buat Rute Mana Sih?

Tak hanya sampai disitu saja, BeritaTrans.com pun mencari tahu kelebihan dari penggunaan sasis tronton itu. Salah satu pengemudi bus Gunung Harta yang telah lama mengemudikan unit bus tronton mengungkapkan kelebihan dari sasis ini yakni kapasitas mesin lebih besar dan ketahanan dari mesinnya.

"Kelebihannya dari sasis biasa dari kapasitas mesinnya. Tronton kapasitas mesinnya lebih besar dibandingkan sasis biasa. Lebih stabil saat lagi dipacu kencang. Sama sasis ini semuanya sudah sistem elektrikal dan automatic. Jadi kalau ada permasalahan dari mesin atau yang lainnya kelihatan semua di indikator, jadi tahu yang rusak itu apa saja. Enaknya juga untuk pengeoperasiannya sudah otomatis, jadi nggak bikin pegal," ujar Fonda, pengemudi bus Gunung Harta Volvo B11R kepada BeritaTrans.com, Kamis (1/7/2021).

Kabin penumpang bus Gunung Harta Volvo B11R. Foto: BeritaTrans.com.

Selain itu bus dengan sasis tronton ini juga memiliki dimensi yang besar sehingga bisa memuat penumpang lebih banyak dan tetap nyaman.

"Pakai sasis tronton kapasita kursi penumpan jadi lebih banyak dibandingkan pakai sasis yang biasa. Kurang lebih 50 kursi ditambah dengan satu toilet. Makanya bus double decker kebanyakan pakai sasis tronton. Karena yang pertama bisa muat penumpang banyak, yang kedua karena kenyamanannya pas lagi kecepatan tinggi tetap stabil," pungkasnya. (Dan)