Instansi Ini Paling Banyak Diserbu CPNS, Kok Bisa?

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 14/Jul/2021 15:39 WIB
Ilustrasi CPNS 2021. Foto: Istimewa. Ilustrasi CPNS 2021. Foto: Istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat hingga saat ini sudah lebih dari 1,7 juta orang mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dari jumlah tersebut lebih dari 700 ribu yang mengirimkan lamarannya.

Dari 700 ribu tersebut, formulir didominasi untuk Kementerian Hukum dan HAM. Kementerian ini menjadi favorit peserta karena membuka lowongan cukup banyak bagi lulusan SLTA sederajat.

Baca Juga:
4.558 Peserta Lulus Tes CPNS Kemenkumham 2021

Tahun ini, Kemenkum HAM membuka lowongan CPNS sebanyak 4.558 formasi. Dari jumlah lowongan didominasi untuk lulusan SMA yakni sebanyak 3.971 formasi.

Lulusan SMA 3.971 formasi ini terdiri dari 3.876 formasi (pria 3.511 orang dan wanita 264 orang) untuk penjaga tahanan dan 95 formasi (pria 75 orang dan wanita 15 orang) untuk pemeriksa keimigrasian. CPNS ini untuk penempatan di 32 kantor wilayah di seluruh Indonesia.

Baca Juga:
Lolos SKD CPNS, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Selanjutnya ada lowongan untuk D-III baik ilmu keperawatan, kebidanan, akuntansi, ekonomi, keuangan, manajemen dan administrasi. Kemudian ada juga lulusan S1 baik ekonomi, akuntansi, hukum, psikologi hingga Ilmu komunikasi.

Sementara itu, untuk kualifikasi pendidikan S2 seperti S-2 administrasi publik dan S-2 Ilmu administrasi Negara hanya dibuka untuk jabatan Asisten Ahli Dosen untuk 8 formasi. Ini terdiri dari 2 formasi untuk lulusan terbaik dan 6 formasi untuk umum.

Baca Juga:
Ini Jadwal Pengumuman Hasil SKD CPNS dan PPPK 2021 Terbaru

Untuk informasi lebih lanjut mengenai CPNS Kemenkum HAM bisa dicek melalui portal resmi https://cpns.kemenkumham.go.id/ . Sementara itu, untuk pendaftaran CPNS hanya dilakukan melalui satu portal yakni https://sscasn.bkn.go.id/. (dn/sumber: CNBCIndonesia.com)