Ibu-Ibu Semangat Naik KRL di Akhir Pekan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 17/Jul/2021 10:07 WIB
Suasana Stasiun Bekasi, Sabtu (17/7/2021). Suasana Stasiun Bekasi, Sabtu (17/7/2021).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Dengan disyaratkan dokumen perjalanan untuk naik menggunakan KRL, suasana di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/7/2021), tampak lengang. 

Di stasiun tersebut terlihat melayani penumpang turun KRL yang mengakhiri perjalanan dan terdapat penumpang masuk stasiun untuk ke sejumlah stasiun lain. 

Baca Juga:
Usai Libur Panjang, KAI Commuter Layani 500 Ribu Penumpang pada Awal Pekan Ini

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id masih banyak kalangan ibu atau perempuan yang menggunakan moda transportasi masal saat pemberlakuan PPKM Darurat ini. 

Rangkaian yang telah mengawali perjalanan dari Stasiun Cikarang tampak terisi oleh beberapa penumpang. Saat di Stasiun Bekasi, rangkaian kembali diisi oleh penumpang yang telah menanti di peron, suasana rangkaian juga masih lengang. 

Baca Juga:
Melalui CSR, KAI Commuter Berikan Beasiswa Kepada Siswi Pemenang ISTEC 2024

Di rangkaian yang berjalan saat menurunkan dan menaikkan penumpang, juga masih menyisakan tempat duduk yang kosong, tidak ada penumpang yang berdiri. 

Baca Juga:
Selama Libur Akhir Pekan KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 146 Ribu Lebih Penumpang

Pengguna KRL saat ini masih didominasi semua kalangan usia kecuali anak-anak. Terlihat pula, di salah satu stasiun tampak juga perempuan dengan menggunakan pin ibu hamil. 

Saat ini KRL dapat digunakan bagi masyarakat yang khusus bekerja di sektor esensial dan kritikal dengan membawa dokumen perjalanan yang sah. 

Berbeda pada hari sibuk saat Senin hingga Jumat, pada akhir pekan 17-18 Juli 2021 ini, KAI Commuter melakukan penyesuaian operasional KRL Jabodetabek. 

Penyesuaian operasional KRL ini dilakukan di masa PPKM Darurat yang masih berlaku untuk mengurangi mobilitas masyarakat ditengah meningkatnya penyebaran Covid-19. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan Jumat (16/7/2021), pada akhir pekan ini, KAI Commuter akan mengoperasikan 839 perjalanan per hari dari sebelumnya 959 perjalanan per hari. 

Pengurangan perjalanan KRL dilakukan pada rentang waktu antara pukul 09.00-15.00 WIB, sementara pada jam sibuk pagi dan sore jadwal perjalanan KRL tidak ada perubahan. 

KAI Commuter juga tengah menyiapkan rekayasa pola operasi mulai Senin 19 Juli 2021 mendatang. Rekayasa pola operasi ini rencananya akan diumumkan selanjutnya.(fahmi)