Tiket Murah & Pakai Scania Opticruise, Gagahnya Bus Sempati Star Geber Bekasi-Medan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 28/Agu/2021 08:02 WIB
Bus Sempati Star saat memasuki Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (27/8/2021). Bus Sempati Star saat memasuki Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (27/8/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gunakan bus bersasis Scania Opticruise, Bus Sempati Star melaju santai menghantarkan penumpang dari Bekasi, Jawa Barat menuju Medan, Sumatera Utara. 

Bus yang berangkat dari terminal awal Bekasi, sebelumnya telah menginap untuk adanya ketersediaan penumpang yang akan diberangkatkan. 

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Mobil berbadan besar dengan kelas Patas VIP yang dinaiki BeritaTrans.com dan Aksi.id harus berkeliling lagi ke agen dan terminal yang ada di Jabodetabek untuk menaiki penumpang yang sebelumnya sudah terkonfirmasi oleh pihak kru bus dan pengurusnya. 

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Pada Jumat (28/8/2021) siang, bus diberangkatkan selepas Solat Jumat, para kru yang terdiri dari empat orang, sebelumya telah mempersipakan diri dengan makan siang terlebih dahulu di warung makan di Terminal Bekasi. 

Dari situ, bus hanya menaiki satu orang penumpang. Menurut agen hanya ada sekitar sembilan penumpang yang sudah terkonfirmasi seluruh Jabodetabek. 

Baca Juga:
Terminal Bekasi Ramai Dipadati Penumpang Akhir Tahun

Suasana di bus tampak kosong, kursi-kursi besar dengan busa tebal yang dilengkapi juga dengan sandaran kaki hanya diduduki para kru yang tengah asik bersantai sebelum adanya penumpang duduki. 

Bus mewah yang akan menempuh perjalanan selama dua hari tiga malam tersebut juga tersedia selimut, bantal untuk memanjakan penumpang. 

"Perjalanan dua hari tiga malam," ujar pengemudi yang bernama Marzuki. 

Bus juga dilengkapi dengan daya pengisi batrai handphone. Bagi penumpang yang akab bersantai juga bisa menikmati layar TV entertaiment di bagian depan. 

Sasis yang dilengkapi peredam kejut balon atau AirSuspension ini membuat guncangan di dalam terasa nyaman. Jalan Sumatera yang dijajal bus tersebut menjadi nyaman untuk dinikmati bagi penumpang selama perjalanan. 

Terlihat pada kabin pengemudi tidam ada pedal posneleng. Yupss, mobil ini menggunakan transmisi automatic. Tampak panel di dasboard serba menampilkan elektrik. 

Armada berlivery hitam kuning dengan gambar lima bintang di kedua belah sisi kiri dan kanan itu tampak gagah saat terparkir bahkan saat melaju di jalan dintara kendaraan lain. 

Bagi penumpang yang merokok, bus tersebut juga masih menyediakan ruang smoking area di bagian belakang bus yang langsung berdekatan dengan toilet. 

Tampak depan bus juga dilengkapi pelindung kaca depan dengan jaring besi. Hal itu dikatakan oleh kru karena untuk mengantisipasi keisengan warga atau pengguna jalan lain yang akan melempari bagian depan bus. Dikhawatirkan nantinya, kaca akan pecah dan berakibat pada sopir dan juga bus. 

Adapun tarif bus Sempati Star Bekasi/Jabodetabek-Medan atau sebaliknya ialah Rp700 ribu. Saat ini penumpang harus memiliki surat bebas Covid-19 untuk meninggalkan atau memasuki pulau Jawa.(fahmi)