Dear Gaes, Jalur Layang di Stasiun Manggarai Mulai Beroperasi, Begini Naik KRL Arah Bogor

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 25/Sep/2021 09:00 WIB
Rangkaian arah Bogor berhenti di peron 12 Stasiun Manggarai, Sabtu (25/9/2021). Rangkaian arah Bogor berhenti di peron 12 Stasiun Manggarai, Sabtu (25/9/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Peron atas atau jalur layang (elevated track) Bogor Line di Stasiun Manggarai kini mulai dioperasikan untuk naik turun penumpang KRL. 

Setelah melalui serangkaian pengujian pada Sabtu (25/9/2021) jalur layang ini dioperasikan melayani penumpang KRL Bogor/Depok-JakartaKota. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id sejumlah penumpang yang hendak transit menggunakan rangkaian arah Bogor diarahkan petugas ke lantai dua menuju peron 12 atau 13. 

Saat dioperasikan, jalur layang Bogor Line ini dapat diakses dengan escalator dan lift difabel serta tangga manual yang terdapat di peron 6 atau 7 di lantai dasar. Terlihat lift sudah tersedia, namun tidak dapat mengakses ke lantai dua. Lift hanya bisa diakses untuk lantai dasar dan satu saja. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Beberapa pengguna yang berhasil menaiki tangga tampak menunjukkan wajah dengan ekpresi kelelahan seusai menaiki tangga yang lebih tinggi dari pada tangga pada umumnya. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Pada penyesuaian pelayanan baru ini, perjalanan KRL Lin Sentral Bogor - Jakarta Kota PP akan dilayani pada jalur layang pada jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai. 

Untuk layanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Bogor/Depok - Jakarta Kota akan dilayani pada peron jalur 10 atau 11 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai. 

Untuk pelayanan naik dan turun pengguna KRL Lin Cikarang relasi Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota PP dan KRL Lin Lingkar Bogor/Depok – Angke/Jatinegara tetap sama seperti yang berlaku saat ini. 

Pembangunan Jalur Layang Bogor Line ini merupakan bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang.  
  
Dengan akan beroperasinya Jalur Layang Bogor Line ini, penyeberangan penumpang di area level crossing dapat dikurangi. Sebab, sebagai stasiun tersibuk yang melayani ribuan penumpang, potensi insiden di Stasiun Manggarai sangat tinggi. Sehingga, dengan berkurangnya level crossing maka potensi kecelakaan juga bisa dikurangi. 

Selain itu perpindahan penumpang Bogor Line ke Tanah Abang jadi lebih mudah karena berada dalam satu gedung. Khusus untuk Penumpang KA Bandara, dengan adanya pengoperasian jalur layang ini, akan semakin dimudahkan untuk berpindah moda transportasi. (fahmi)