Lanal dan Pemda Kota Cirebon Gelar Vaksinasi Covid-19 Door to Door

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 08/Okt/2021 10:45 WIB
Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati bersama Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, SE., MM., MA menyapa warga yang akan divaksin Covid-19. (Ist.) Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati bersama Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, SE., MM., MA menyapa warga yang akan divaksin Covid-19. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon bersinergi dengan Pemda Kota Cirebon menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah atau door to door.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati berharap agar selama pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 itu tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

 “Saya ucapkan terima kasih kepada  Danlanal Cirebon yang sudah membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon,” ungkap Eti usai meninjau vaksinasi yang diselenggarakan Paguyuban Pasundan dan Lanal Cirebon di Stikes Mahardika, Kamis (7/20/2021).

Sinergi yang dilakukan dengan berbagai pihak membuat percepatan vaksinasi Covid-19 akhirnya bisa dilakukan di Kota Cirebon.

Bahkan saat ini katanya vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah mencapai 76,77 persen.

Penambahan juga terjadi setiap hari. Seiring pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan setiap hari di berbagai tempat di Kota Cirebon.

Wakil Wali Kota Cirebon berharap dalam memberikan vaksinasi Covid-19 Lanal Cirebon melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga. Khususnya warga yang tidak bisa keluar rumah karena alasan kesehatan seperti manusia usia lanjut atau manula. 

Pola jemput bola ini lanjutnya bisa dilakukan di setiap RW di Kota Cirebon sehingga dapat mempercepat terbentuknya herd immunity di Kota Cirebon.

Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, SE., MM., MA., menjelaskan serbuan vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah warga dilaksanakan atas saran Wakil Wali Kota Cirebon.

Menyinggung  stok vaksin Covid-19,  Afif  berharap masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab mulai dari vaksin  Sinovac, Pfizer, hingga Astrazeneca sudah masuk ke Cirebon.

“Insya Allah stok aman. Alhamdulillah pemerintah pusat sudah mulai mengirimkan berbagai macam vaksin,” katanya.

Saat ini  stok vaksin yang ada di Lanal Cirebon sebanyak 5 ribu vial. Digunakan pada kesempatan tersebut 1.000 vial. Dalam waktu dekat akan datang lagi 10 ribu vial. Stok vaksin TNI AL cukup.

Ketua Paguyuban Pasundan Kota Cirebon, Hediyana Yusuf menjelaskan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Stikes Mahardika dalam rangka memperingati hari ulang tahun Paguyuban Pasundan.

“Kami bekerja sama dengan Pemda Kota Cirebon dan Lanal Cirebon,” kata Hediyana.

Sebanyak seribu orang mendapatkan vaksin Covid-19 yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri secara online.

“Kita juga membuka pendaftaran offline, tapi hanya untuk 100 orang,” katanya. (Taryani)