Bakamla Rilis Kapal Baru, Tercepat di Indonesia

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 05/Nov/2021 06:20 WIB
Kapal patroli yang diklaim tercepat di Indonesia saat ini akan digunakan Bakamla untuk beroperasi, khususnya di wilayah pesisir Selat Malaka. (Dok. Puspen TNI) Kapal patroli yang diklaim tercepat di Indonesia saat ini akan digunakan Bakamla untuk beroperasi, khususnya di wilayah pesisir Selat Malaka. (Dok. Puspen TNI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI kini diperkuat satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) yang disebut merupakan kapal patroli tercepat di Indonesia. 

Peresmian beroperasinya kapal yang memiliki kecepatan hingga 65 knots itu dilakukan di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Kamis (4/11/2021). 

Baca Juga:
Pakai Kapal Perang, TNI AL Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan kapal HSC itu merupakan kapal kedua yang dimiliki pihaknya. 

Kapal itu, kata dia, nantinya akan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir Selat Malaka, yang selain berbatasan dengan negara tetangga, juga sangat terbuka sehingga memiliki potensi ancaman penyelundupan. 

Baca Juga:
Bakamla RI Resmikan Maritime Training Center

Aan menerangkan karakteristik penyelundupan saat ini bergerak dengan menggunakan kapal berkecepatan tinggi, sehingga untuk menghadapinya diperlukan aset patroli yang memiliki kecepatan tinggi pula. 

"Dengan hadirnya kapal HSC 32-02 diharapkan mampu meningkatkan daya gentar terhadap pelaku kejahatan penyelundupan yang secara tidak langsung akan menekan niat dan mereduksi aktivitas penyelundupan," kata Aan dalam keterangan tertulis, Kamis. 

Baca Juga:
Kapal Tenggelam di Selat Malaka, 11 Selamat dan 3 Orang Masih Hilang

Kapal HSC tersebut diketahui memiliki panjang 14.30 meter, lebar 3.3 meter, bahan badan kapal alumunium, mesin 3 x 425 HP, dan memilik kecepatan hingga mencapai 65 knots dan akomodasi 6 orang. 

Lebih lanjut, Aan menyampaikan apresiasi terhadap PT Palindo yang membangun HSC. Ia menyatakan keberhasilan PT Palindo merupakan wujud kemampuan industri maritim dalam negeri terhadap keamanan maritim nasional. 

"Saya berharap ke depan kerja sama terus dapat berjalan dan PT Palindo Marine Shipyard terus dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam penyediaan sarana patroli," ujarnya.(fhm/sumber:cnn)