Perkuat Angkatan Udara, Menhan Prabowo Borong 2 Pesawat Taktis Airbus A400M

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 19/Nov/2021 10:39 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi memesan dua unit pesawat militer keluaran Airbus, Airbus A400M dengan konfigurasi multirole tanker dan transport.   Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi memesan dua unit pesawat militer keluaran Airbus, Airbus A400M dengan konfigurasi multirole tanker dan transport.  

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi memesan dua unit pesawat militer keluaran Airbus, Airbus A400M dengan konfigurasi multirole tanker dan transport. 

Adapun kontrak ini akan efektif pada 2022 mendatang. Mengutip laman resmi Airbus.com, Kamis (18/11/2021), di dalam kontrak ini terdapat dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap. 

Baca Juga:
Finlandia Borong 64 Jet Tempur F-35 dari Amerika Serikat: Sebenarnya Indonesia Tertarik

Dokumen untuk akuisisi selanjutnya, yaitu 4 unit tambahan pesawat A400M, juga telah ditandatangani. 

"Kami juga berencana mengakuisisi unit tambahan ke depannya dengan pengembangan yang baru, seperti kemampuan memadam kebakaran. A400M akan menjadi aset nasional dan mendukung misi badan penanggulangan bencana," ujar Prabowo, Kamis (18/11/2021). 

Pesawat yang diborong itu, mampu beroperasi maksimal bahkan di jalur yang pendek dan landasan yang kasar. Sebelumnya, pesawat ini pernah mengirimkan bantuan berat seperti bahan bakar truk, ekskavator hingga suplai makanan dan obat-obatan pasca gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah. 

Sebagai informasi, pesawat A400M memiliki kemampuan terbang cepat dan pada ketinggian yang tinggi dan sangat rendah. A400M dapat membantu mengisi bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya melalui dua pod pengisian bahan bakar di bawah sayap. 

Kemampuan itu membuatnya dapat melakukan rekonfigurasi ulang dengan cepat sebagai kapal tanker, membuatnya mudah beradaptasi dengan skenario dan misi operasional yang berubah. Kemampuan beradaptasi ini unik untuk A400M, yang juga dapat diisi ulang dalam penerbangan. (ds/sumber iNews.id)