Putri, Gadis Makassar jadi Pramugari Rosalia Indah Jakarta-Trenggalek

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 31/Des/2021 00:14 WIB
Pramugari bus Rosalia Indah tengah menjadi kru di bus kelas Super Top SHD 112 rute Jakarta-Solo-Trenggalek. Pramugari bus Rosalia Indah tengah menjadi kru di bus kelas Super Top SHD 112 rute Jakarta-Solo-Trenggalek.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pramugari bus Rosalia Indah ini datang jauh dari dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dia adalah Putri yang saat ini tengah melayani penumpang di kelas Super Top tujuan Jakarta-Solo-Trenggalek. 

Saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id di pool Rosalia Indah Bulak Kapal, Bekasi, bus yang dia awaki tengah datang dari arah Ciledug. Saat tiba dia langsung membuka pintu bagasi bus untuk menyusun barang bawaan penumpang. Saat itu ada beberapa penumpang transit dan ada beberapa orang penumpang akan naik. 

Baca Juga:
Dua Koridor Baru Bus Trans Jatim Bakal Beroperasi Tahun ini, Catat Rute dan Waktunya

Penampilannya bak pramugari moda lainnya seperti Pesawat dan Kereta Api. Seragam khasnya lengkap dengan potongan rambut yang membuatnya tampak semakin cantik dengan ditutupi masker sebagai standar protokol kesehatan. 

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Dia mengungkapkan pekerjaan pramugari bus Rosalia Indah tentu berbeda dengan kondektur atau kenek pria lainnya. Diketahui selama ini pelayan penumpang bus pada umunya laki-laki, yang harus siap dalam segala kondisi, baik bus mogok atau hal lainya. 

Dengan kondentur, "Ya berbedalah. Pekerjaannya melayani penumpang, banyak," ujar gadis 19 tahun itu kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id Kamis (30/12/2021). 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Saat di pool dia tampak sibuk menyiapkan segala kebutuhan keberangkatan. Dia juga tampak akrab bercengkrama dengan sesama kru bus Rosalia Indah yang ada di pool Bulak Kapal tersebut. 

Sebagai pramugari, dia menceritakan bahwa masih terbilang baru. Putri adalah pramugari Rosalia Indah yang berasal dari jauh yaitu Makassar. 

Untuk masalah istirahat, dia mengungkapkan dirinya akan berada di mess kru yang ada di masing-masing pool. Misalnya bus arah Jakarta dia akan beristirahat di pool yang ada di Jakarta, namun jika berada di Trenggalek maka dia akan istirahat di pool sana pula. 

Jika di perjalanan, saat bus sudah melaju dan pelayanan penumpang sudah rampung diberikan, antaranya menunjukkan tempat duduk, memberikan makanan ringan hingga memandu hingga memberikan selimut, maka tugas Putri sudah selesai. "Kalau di jalan tol, misalnya sudah siap semua ya bisa istirahat," katanya. 

Segala kebutuhannya selalu juga dia persiapkan di jalan, mulai dari pakaian hingga kebutuhan lainnya. 

Putri mengaku senang menjalankan profesinya. "Enaklah jadi pramugari, tetap bisa keren, bisa jalan-jalan," katanya.(fhm)