Mantan Pramugari Ungkap Realita Kerja di First Class, Gajinya Lebih Tapi...

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 05/Feb/2022 21:34 WIB
foto:istimewa/stock foto:istimewa/stock

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pramugari menjadi salah satu pekerjaan impian yang menjanjikan, terutama untuk para wanita. Profesi tersebut dianggap glamour karena penampilan menawan hingga seringnya mereka bepergian. Pramugari pun bisa mendapat penghasilan besar terutama jika bekerja di maskapai ternama atau first class. Tapi meski digaji lebih, para pramugari dikatakan malah sering menghindari.

Seorang mantan pramugari bernama Kat Kamalani sering membagikan informasi dan pengalamannya selama bekerja di pesawat. Wanita tersebut baru-baru ini mengungkap fakta mengenai realita bekerja di first class atau business class. Terlihat glamour, kenyataannya banyak yang menghindar karena berbagai hal.

Baca Juga:
Angkasa Training Center Lion Air Group untuk Pendidikan Gratis Pramugari dan Pramugara

Kat mengakui jika mereka yang bekerja di first class biasanya mendapatkan pelatihan ekstra. Dan mereka yang ditunjuk untuk melayani di sana umumnya adalah pramugari dan pramugara baru. Bukan karena masalah penampilan atau keterampilan tapi karena tidak terlalu diinginkan para senior.

"Dalam maskapai tempatku bekerja dulu, semua orang harus terkualifikasi untuk menjadi pramugari di first class. Itu artinya jika kamu biasa (bekerja di) penerbangan dosmetik, atau di AS, kamu bisa menjadi pramugari first class dan kamu bisa menawar untuk posisi itu,"

Baca Juga:
Wapres Ma`ruf Amin: Kalau Ada Larangan Pramugari Berjilbab, Agak Aneh

"Aku berita tahu kalian, kebanyakan pramugari tidak menyukai posisi itu. Jika kamu terbang internasional maka kamu harus melewati pelatihan dan kualifikasi spesial dan kamu harus dipilih. Dan keuntungannya adalah kamu dibayar lebih ketika bekerja dan dibayar lebih ketika tidur,"

Dalam video yang sudah ditonton 60 ribu kali tersebut, Kat seolah mengatakan jika pramugari first class banyak kehilangan waktu tidurnya karena dipanggil untuk melayani penumpang. Sedangkan pada penerbangan ekonomi, mereka umumnya hanya akan menyajikan makanan atau minuman pada waktu-waktu tertentu.

Baca Juga:
Pramugari Ungkap Pertanyaan Konyol yang Sering Ditanyakan Penumpang di Pesawat

"Jadi apakah pramugariku kesal setiap kali aku minta minum di tengah malam ketika waktunya tidur?" tulis seorang netizen. Ada juga yang merasa hal tersebut karena perbedaan pelatihan pramugari Amerika. "Penerbangan first class AS sangat buruk. Di penerbangan, seperti Qantas, Singapore, dan Emirates, kamu butuh latihan khusus dan pengalaman," tulis netizen.
Hal lain yang dibagikannya soal jadi pramugari first class atau business class adalah soal briefing. "Sebelum setiap penerbangan kami akan ada pertemuan briefing, selama briefing itu kami diberi tahu apakah ada pejabat pemerintahan, selebriti, orang kaya, atau juga mengenai alergi atau keterbatasan (penumpang)," katanya.

Mengenai makanan, ia menyarankan penumpang untuk memberi tahu jika ada alergi atau diet tertentu sejak awal. Umumnya orang-orang yang punya permintaan khusus akan dilayani terlebih dahulu.(amt/sumber:wolipop/detik.com)

Tags :