Antisipasi Cuaca Ekstrem di Penyeberangan Merak-Bakauheni, ASDP Minta Pengguna Jasa Waspada dan Atur Waktu Perjalanan

  • Oleh : Naomy

Rabu, 09/Feb/2022 12:34 WIB
Angkutan penyeberangan Angkutan penyeberangan

MERAK (BeritaTrans.com) -  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan, khususnya di lintasan Merak - Bakauheni untuk tetap waspada dan mengatur waktu perjalanan sebaik-baiknya mengingat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di perairan Selat Sunda. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengemukakan, mengacu pada Surat Edaran hasil Pemantauan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), prakiraan harian tinggi gelombang selama tujuh hari (7-13 Februari 2022 khususnya di perairan Selat Sunda. 

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Atas dasar tersebut, ASDP terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang akan menyeberang dengan kapal ferry agar dapat mempersiapkan perjalanannya dengan melakukan reservasi tiket via Ferizy dan tetap mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang dapat memengaruhi jadwal perjalanan. 

"Tetap waspada cuaca buruk, serta menjaga stamina tubuh dan kendaraan yang digunakan agar perjalanan tetap aman, nyaman, sehat, dan selamat. Kondisi cuaca ekstrem tentu dapat memengaruhi layanan," ucapnya, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

Hal itu demi keselamatan dan keamanan seluruh pengguna jasa, tentu pihaknya akan patuh pada aturan regulator. 

Jika cuaca ekstrem dan tidak memungkinan untuk perjalanan kapal, tentu pelayanan akan dihentikan sementara atau dilakukan sistem buka-tutup. 

Baca Juga:
ASDP: Hampir 100 Persen Pemudik dari Sumatera via Penyeberangan Telah Kembali ke Jawa

"Kami harapkan  pengertian dari seluruh pengguna jasa, untuk kepentingan dan keselamatan bersama," tutur Shelvy. 

Hal penting juga, pengguna jasa di manapun berada agar tetap mematuhi protokol kesehatan mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak (physical distancing) guna menghindari penularan Covid-19. 

Pengguna jasa diimbau agar membeli tiket secara mandiri melalui www.ferizy.com / aplikasi Ferizy dan Sales Channel resmi Ferizy yaitu Gerai Alfamart dan/ Agen BRILink. Dalam proses pengisian data agar mengisi identitas diri dan kendaraan secara lengkap sesuai KTP dan STNK, serta pastikan seluruh jumlah penumpang dalam kendaraan terdata di dalam tiket agar terdata dengan baik dan benar di dalam data manifest kapal.

Terkait dengan cuaca ekstrem berdasarkan Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan Pemantauan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika prakiraan harian tinggi gelombang yang disampaikan tersebut, Manajemen ASDP khususnya GM Cabang dan Nakhoda juga terus melakukan peningkatan kewaspadaan dalam mengantisipasinya.

Beberapa hal yang menjadi perhatian, antisipasi melalui pengaturan, pengendalian dan pengawasan operasional kapal sesuai Sistem

Manajemen Terpadu (SMT) ASDP dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku; melakukan pengecekan kondisi kapal (deck, mesin dan alat keselamatan) untuk memastikan seluruh komponen dimaksud dapat berfungsi dan digunakan dengan baik, memperhatikan cuaca dan tinggi gelombang laut serta monitoring posisi kapal secara berkala melalui aplikasi Vessel Monitoring System (VMS). 

Pada saat kapal beroperasi atau berlayar agar mengutamakan keselamatan kapal, penumpang, dan
muatannya dengan melakukan lashing untuk seluruh kendaraan dan saat kapal sandar didermaga agar Nakhoda senantiasa memerhatikan kekuatan angin, arus, dan
gelombang untuk mengantisipasi benturan dengan dermaga. Hal ini harus dilaksanakan demi keselamatan pelayaran dan seluruh pengguna jasa," tutur Shelvy.

Selain itu, ASDP akan terus berkoordinasi dengan BPTD, KSOP, TNI/POLRI, BMKG dan stakeholder lainnya. (omy)