Aki Bus Elektrik Tekor: Tenaga Jadi Berkurang, Apa Penyebabnya?

  • Oleh : Bondan

Kamis, 10/Feb/2022 16:35 WIB
Bus Mercedes-Benz OH 1526 Putri Candi. Foto: BeritaTrans.com. Bus Mercedes-Benz OH 1526 Putri Candi. Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Aki merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting. Sebab, fungsi dari aki sebagai sumber listrik untuk kebutuhan perangkat kendaraan kecil hingga besar seperti bus.

Aki sangat berperan penting pada kendaraan besar seperti bus untuk sistem kelistrikan, seperti starter, lampu-lampu, Air Coditioner (AC) dan lainnya. Apalagi bus antarkota pada saat ini sudah mempergunakan sistem elektrik. Yang dimana memperiotiskan aki sebagai pusat kelistrikannya.

Baca Juga:
Gaes! Ini Loh Bedanya Bus Mesin Depan dan Belakang Buat Jalur Sumatera

Namun, tahukah kamu, dari mana aki bus mendapatkan daya listrik? Jawabannya adalah dinamo ampere. Dinamo ampere ini terdapat dan fungsinya pada bus hampir sama dengan kendaraan pada umumnya, yakni sebagai pengisi kelistrikan di aki.

"Dinamo fungsinya buat ngecas aki kalau mesin hidup. Tiap aki dinamonya beda-beda buat ngecas," jelas Sunaryo, pengemudi Putri Candi kepada BeritaTrans.com di Terminal Bekasi, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga:
Bocoran Bus Baru, Avante D2 Milik PO Borlindo dari Karoseri Tentrem

Kru bus Putri Candi tengah melakukan pengisian air aki. Foto: BeritaTrans.com.

Dia juga menjelaskan, faktor penyebab aki  bus soak atau tekor dikarenakan rusaknya komponen dinamo yang menyebabkan baterai atau aki tidak terisi ulang.

Baca Juga:
Bus Ranau Indah 68 Pakai Single Glass: Tampil Klasik, Fasilitas Kekinian

"Nggak bisa starter, aki soak keadaan dinamo nggak ngecas. Kalau soak, tenaga jadi nggak ada kalau bus elektrik. Kalau tiba-tiba nggak ada tenaga berarti dinamo nggak ngecas ke akinya. Kalau bus elektrik begini nggak ada setrum, nggak bisa jalan, semuanya mati. Beda sama yang model cooler masih bisa jalan. Kalau dinamo rusak mau nggak mau harus ganti dinamo, nggak bisa diakalin kalau bus elektrik," ujarnya.

Sedangkan aki yang terdapat pada bus berjumlah empat aki. Yang dimana dari ke empat aki pada bus mempunyai fungsi masing-masing di bus.

"Yang bawah buat mobil. Yang atas buat AC. Kalau dia nggak ngisi, AC nggak muter semua," jelasnya lagi.

Dirinya juga menambahkan, posisi dari keempat masing-masing aki akan dipindah tempatkan, seperti aki pertama dipindah ke kebagian belakang, dan aki kedua dipindah ke depan,"biar awet akinya. Karena yang disedot duluan aki depan." tutupnya.