Mancing Berlimpah Kerapu di Dam Rambu Suar Ondel-Ondel Pelabuhan Tanjung Priok

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 13/Feb/2022 22:28 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mengisi libur akhir pekan, ada tempat asyik memancing ikan. Banyak ikan kerapu di perairan dam rambu suar ondel-ondel Pelabuhan Tanjung Priok.

Mancing di sana terbilang murah dan meriah. Nggak kudu ke luar uang banyak. Tapi hasil pancingan dijamin berlimpah.

Baca Juga:
Ngebet Kena Patil Ikan Sembilang Muara Blacan, Eh Ada yang Dapat Baramundi Gede

Untuk ke TKP alias tempat kita pancing, kaum angler naik kapal ojek dari Kali Kresek. Lokasinya di Jalan Raya Cilincing, samping pabrik terigu Bogasari, Jakarta Utara 

Tarif naik kapal hanya Rp20.000 sekali jalan. Jadi kalau bolak-balik maka per orang kena Rp40.000.

Baca Juga:
Wisata Mancing di Sungai Siak Riau: Bisa Naik Perahu Unik

Hanya butuh waktu tempuh pelayaran sekitar 15 menit dari Kali Kresek ke break water atau dam alur pelabuhan. Ada dua pilihan dam yakni rambu suar ondel-ondel merah atau hijau. 

Baca Juga:
Hoby Memancing Ikan Tak Hanya Didominasi Pria, Tapi Juga Disukai Wanita

Karena di break water, maka memang tidak ada tempat berteduh. Pemancing harus siap tersengat matahari saat siang dan kebasahan ketika hujan. Karenanya harus siap mantel.

Angler alias pemancing juga mesti bawa makanan dan minuman secukupnya untuk bekal logistik selama memancing.

Karena banyak batu untuk break water maka di perairan itu berlimpah ikan kerapu. Umpannya tidak harus udang hidup. Udang mati pun disambar kerapu. Hanya saja sebaiknya udang itu dikupas dan dipotong menjadi dua bagian.

Sebaiknya gunakan timah lancip atau  berbentuk limas untuk memghindarkan kail tersangkut di batu. Bagus juga bila memakai joran tegek.

"Kerapunya galak-galak. Maen sosor," ujar Bang ABC Lasso, Ahad (13/2/2022).

Pemancing kawakan asal Cibitung, Bekasi, itu mengingatkan mancing harus tetap sabar. "Kalau dapet banyak berarti emang rezeki anak soleh. Kalo sedikit dapetnya, berarti kurang amal," cetusnya sambil tertawa. (awe).