Sebelum Inaportnet Diterapkan Penuh di TUKS Bukit Asam, KSOP Panjang Gelar Bimtek

  • Oleh : Naomy

Kamis, 17/Feb/2022 16:17 WIB
Keoala KSOP Panjang Keoala KSOP Panjang

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala KSOP Panjang Hendri Ginting menyampaikan bahwa sebelum Inaportnet diterapkan penuh di TUKS Bukit Asam, pihaknya telah melaksanakan bimbingan teknis terhadap Perusahaan Agen Pelayaran, Perusahaan Bongkar Muat, BUP PT Pelabuhan Bukit Prima dan TUKS PT Bukit Asam.

"Pelaksanan Bimteknya pada awal November 2021 sebelum resmi diberlakukannya sistem Inaportnet di TUKS PT Bukit Asam yang mulai berjalan sejak 1 Januari 2022," ujar Hendri, Kamis (17/2/2022).  

Baca Juga:
Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

Dalam Bimtek tersebut telah disampaikan materi tentang tata cara menginput data kapal dan barang, data dermaga, data kapal pandu, dan data lainnya terkait operasional pelabuhan ke dalam sistem Inaportnet. 

"Dalam bimtek tersebut kami menghadirkan nara sumber dari KSOP Kelas I Panjang, PT Pelindo Regional 2 Panjang serta Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut," imbuhnya.

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

Sebagai informasi, kunjungan kapal dan bongkar muat batu bara di TUKS  PT Bukit Asam (persero) Tbk Unit Pelabuhan Tarahan ini terbilang tinggi. 

Pada tahun 2021 terdapat 1.148 call yang terdiri dari 1.031 call kapal domestik dan 117 call kapal ekspor. 

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Sedangkan pada Januari 2022 terdapat 102 call kapal domestik dan empat call kapal ekspor. 

"Total barang yang terangkut pada tahun 2021 sebanyak 14.517.718,81 Teus dan pada Januari 2022 sebanyak 1.347.825,86 Teus," kata Hendri.

Penggunaan sistem Inaportnet dalam pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Panjang sudah diresmikan (go live) sejak tahun 2017, namun terbatas hanya untuk pelayanan kapal-kapal yang melakukan kegiatan di pelabuhan umum. 

"Untuk itu, kami selaku regulator di Pelabuhan Panjang tentunya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya pelayanan kapal dan barang menggunakan sistem Inaportnet di TUKS PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan ini" katanya. 

Dia berharap, seluruh pihak dan stake holder dapat menggunakan sistem Inaportnet ini secara konsisten dan semakin baik.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt Mugen Sartoto juga menyampaikan harapan semoga dengan komitmen, koordinasi dan inovasi yang dilaksanakan dengan baik, maka aplikasi Inaportnet sebagai teknologi penunjang kegiatan kepalabuhanan.

"Dengan begitu, akan semakin memberi manfaat yang luas bagi masyarakat khususnya para pengguna jasa bidang kepelabuhanan," ungkapnya. (omy)