Ketika Siswi SMP Salah Baca Maps Saat Bawa Motor: Nyasar ke Tol hingga Ditabrak Mobil, Kini Ditilang...

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 19/Feb/2022 13:44 WIB
Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia. Foto: kompas.com Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia. Foto: kompas.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengendara sepeda motor salah jalan hingga tertabrak mobil di ruas Tol Jakarta-Cikampek, wilayah Jakarta Timur. Insiden tersebut terjadi pada Kamis (17/2/2022) pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Pemotor yang diketahui seorang siswi sekolah menengah pertama (SMP) berusia 16 tahun itu pun terkapar di tengah jalan tol karena mengalami sejumlah luka.

Baca Juga:
Viral Bajaj Masuk Tol Malah Lawan Arah: Santai Aja Lagi!

Peristiwa tersebut terekam kamera pengemudi mobil lain yang tengah melintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek dan videonya beredar luas di media sosial.

Dalam keterangan video dijelaskan bahwa kecelakaan yang melibatkan pemotor dengan pengemudi mobil itu terjadi di area KM 1 Tol Jakarta-Cikampek arah Bekasi.

Baca Juga:
Gerbang Tol Limapuluh Ditutup Sementara Sampai 7 Februari 2024, Ini Alasannya!

Kepolisian pun tengah menyelidiki kasus kecelakaan itu, dan mendalami bagaimana sang pemotor nekat masuk ke jalur bebas hambatan tersebut.

Diarahkan Google Maps

Kanit Laka Satlantas Polres Metro Jakarta Timur Iptu Seno Wibowo mengatakan, kecelakaan bermula saat siswi berusia 16 tahun itu hendak berangkat ke sekolah.

Baca Juga:
Dua Sepeda Motor Adu Banteng di Klapanunggal Bogor, 1 Orang Tewas

Remaja tersebut pun akhirnya menggunakan fitur navigasi Google Maps untuk membantu dia menunjukan jalan.

"Yang dipakai Google Maps mobil, makanya dia masuk tol itu," kata Seno kepada wartawan, Kamis.

Pemotor itu pun mengikuti petunjuk navigasi dari Google Maps, sampai akhirnya diarahkan untuk melintasi ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Seno mengatakan, remaja tersebut baru menyadari dirinya salah jalan ketika berjalan di antara mobil, dan tidak melihat ada pemotor lain di sekitarnya.

Remaja itu akhirnya berputar arah untuk keluar tol. Namun nahas, sepeda motor yang ia bawa bertabrakan dengan mobil.

"Dia kaget kok motor sendiri, dia mau putar balik. Begitu putar bersenggolan dengan mobil," ungkap Seno.

Akibat peristiwa tersebut, siswi SMPyang tidak diungkapkan identitasnya mengalami luka-luka dan harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Kali pertama berkendara motor

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Kasatlantas Polres Metro Jakarta AKBP Edy mengatakan, remaja tersebut masuk ke jalan karena baru pertama kali mengendarai sepeda motor untuk berangkat sekolah.

Kepada penyidik, pihak keluarganya menyebut bahwa siswi SMP itu tak biasa berkendara sendiri, dan kerap diantar jemput oleh orangtuanya menggunakan mobil.

"Dia setiap pagi biasanya diantar bapaknya. Kadang juga naik taksi online," ujar Edy, Jumat (18/2/2022).

Alhasil, kata Edy, remaja tersebut tidak mengetahui secara pasti jalur ke sekolah yang seharusnya dia lalui. Pasalnya, mobil yang ditumpangi biasanya melewati tol tersebut.

Adapun saat ini, kasus kecelakaan antara motor dan mobil tersebut tengah diselidiki oleh Satlantas Polres Metro Jakarta Timur.

Pemotor tetap ditilang

Di samping penyelidikan kasus kecelakaan, kepolisian memastikan bakal memberikan sanksi tilang terhadap pemotor tersebut.

Menurut Edy, siswi SMP tersebut ditilang karena terbukti melanggar sejumlah aturan lalu lintas.

Aturan yang dilanggar di antaranya belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) dan salah jalur. Hanya kendaraan roda empat atau lebih yang boleh melaju di jalan tol.

"Motor masuk tol kan jelas pelanggaran, ditambah ini ada kecelakaannya," ujar Edy saat dikonfirmasi, Jumat (18/2/2022).

Edy menegaskan bahwa kepolisian tetap menindak pelanggaran lalu lintas yang terjadi, di samping menyelidiki kecelakaan yang menimpa siswi tersebut.

"Pelanggaran rambu kesalahan mutlak. Sementara kalau urusan kecelakaannya ya disidik sendiri," kata Edy. (dn/sumber: kompas.com)